Interest

Aplikasi Edit Foto VSCO Rilis Gerakan Fotografi #BlackJoyMatters

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 18th 2020

(Foto: vsco)

Beberapa waktu belakangan isu ketidakadilan terhadap ras kulit hitam kembali mencuat. Sudah sejak lama mereka menyimpan luka karena perlakuan kurang berkenan yang dilakukan oleh masyarakat mayoritas.

Sejak gerakan Black Lives Matter ramai disuarakan, keadilan mulai dikejar dan makin banyak pihak yang mendukung aksi antirasisme ini. Selain mengejar keadilan, beberapa pihak juga memberikan sorotan pada masyarakat berkulit hitam yang tak jarang dipandang sebelah mata.

(Foto: vsco)

Aplikasi edit foto VSCO mulai menerapkannya. Di bagian discover di aplikasi mereka, terdapat sebuah tempat khusus dengan nama Black Joy Matters untuk memamerkan karya fotografi orang-orang berkulit hitam.

“Orang-orang berkulit hitam tidak hanya berhak untuk hidup—namun kami juga berhak untuk bahagia. Kami berhak merayakan dan dirayakan atas segala pengalaman dan cerita kami—tersirat sebuah kebahagiaan dan kekuatan di balik segala trauma yang kami alami. Sekarang, dunia perlu melihat dan merayakan arsip kebahagiaan kami,” jelas pihak VSCO.

Perusahaan aplikasi editor foto ini menyatakan komitmennya untuk mendukung para masyarakat dan kreator berbakat yang berkulit hitam.

(Foto: vsco)

Punya karya foto atau video untuk mendukung gerakan ini? Mudah saja, kalian tinggal edit dan bagikan karya tersebut melalui aplikasi VSCO dan sertakan tagar #BlackJoyMatters. Karyamu bisa masuk ke halaman discover dan dilihat banyak orang lho!

Ingat, segala bentuk rasisme tidak akan bisa dibenarkan. Semua manusia berhak untuk hidup dan diperlakukan sama dengan yang lainnya. Semua orang juga berhak untuk bahagia. Black joy matters!

Related Articles
Current Issues
Tuai Kontroversi, Starbucks Kini Izinkan Staff Pakai Atribut Black Lives Matter

Current Issues
Dituding Dukung Rasisme, Pencerah Kulit ini Akan Berganti Nama

Current Issues
Dukung Antirasisime, Hilangkan Istilah Bernada Rasis Dalam Bahasa Pemrograman