Korea

Akun TikTok Sederet Seleb Korea Selatan Raib, Ada Apa?

Delima Pangaribuan

Posted on July 17th 2020

(AllKpop)
 
Semenjak TikTok booming sebagai media sosial buat ngeshare konten video, banyak artis dan idol Korea Selatan juga merambah aplikasi ini buat menjangkau fans-nya. Nggak heran juga kalau akhirnya banyak artis dan idol yang ikutan challenge atau bahkan bikin challenge mereka sendiri sebagai ajang promosi.
 
Para artis dan idol ini juga langsung kebanjiran followers karena popularitas mereka. Sayangnya, seperti diberitakan AllKpop, banyak akun TikTok para seleb Korea ini hilang atau nonaktif. Waduh, ada apa gerangan?

 
Diduga, masalahnya ternyata dimulai karena isu keamanan TikTok yang terlalu longgar, sampai dikhawatirkan privasi para penggunanya bisa bocor ke pihak ketiga. Karena itu diperkirakan banyak agensi Korea Selatan yang memutuskan menonaktifkan akun artinya demi keamanan si artis.
 
Pihak TikTok sendiri kasih klarifikasi bahwa memang benar sejumlah akun figur publik Korea Selatan sekarang udah ditutup, entah sementara atau untuk seterusnya. Dan itu karena ada andil dari agensi, bukan semata dari pihak TikTok aja yang sengaja menutup.
 

"Ini mungkin disebabkan oleh agensi hiburan para artis tersebut. Kami tidak bisa menjelaskan informasi lebih jauh apa yang terjadi dan mengapa hal ini terjadi," jelas perwakilan ByteDance, perusahaan pembuat aplikasi TikTok, seperti dikutip AllKpop.
 
Kabar tutupnya akun TikTok seleb Korea ini sendiri mencuat sejak banyak fans yang bertanya-tanya di medsos kenapa mereka nggak bisa menemukan akun TikTok idol atau artis favorit mereka. Setidaknya ada 13 selebriti dan grup idol yang sudah menonaktifkan akun TikTok mereka. Di antaranya ada Gary dari Leessang, HyunA, Heechul Super Junior, Hyoyeon SNSD, Mamamoo, dan Rain. 
 
Padahal ini akun-akun besar yang jumlah followersnya nggak sedikit. Misalnya Gary sudah mencapai 1,5 juta followers. Sementara HyunA bahkan sudah punya 2,8 juta followers. 
 
Warganet Tiongkok menduga hilangnya sejumlah akun ini dipengaruhi juga sama larangan masuknya produk dan hiburan Korea Selatan ke Tiongkok beberapa waktu belakangan. Meski demikian, masih ada beberapa akun TikTok artis KPop yang aktif. Seperti Seventeen dan aktor Ryu Joon-yeol.
 
Sedih gak sih kalau akun TikTok artis favorit kita tiba-tiba diapus... Gimana menurut kalian? (*)
Related Articles
Korea
Drastisnya Perbedaan Gaya Rambut 10 Idol KPop Saat Debut dan Sekarang

Entertainment
Diawali All-Kill IU, Inilah Deretan Comeback K-Pop Ciamik Sepanjang November

Entertainment
Kakek Joe, Seleb TikTok yang Viral karena Kehabisan Barang akibat Panic Buying