Tech

Manfaatkan Momen, Rilis Zoom for Home Seharga Rp 8,7 Juta

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 16th 2020

 

Zoom kini menjadi brand yang kerap disebut. Sebab, selama pandemi Covid-19, aplikasi yang satu ini digunakan jutaan warga di dunia untuk beragam aktivitas. Mulai dari meeting kantor, sampai aktivitas belajar mengajar di sekolah. 

Karena sudah menjadi kebutuhan, pelaksanaan video conference yang berkualitas membutuhkan sarana pendukung. Inilah yang kerap menjadi kendala bagi para pengguna Zoom. But say no more, kini Zoom menawarkan solusi untuk menuntaskan kesulitan tersebut : perangkat all in one untuk video conference

Perangkat yang diberi nama Zoom for Home - DTEN ME ini diproduksi oleh DTEN, perusahaan mitra Zoom. Paketnya berisi layar komputer 27 inchi, tablet besar dengan 3 unit kamera beresolusi tinggi dan 8 unit mikrofon. Software Zoom sendiri sudah terpasang di perangkat tersebut, lengkap dengan desain interface yang memudahkan akses ke berbagai fitur Zoom.

Kepala Bagian Zoom Rooms Jeff Smith mengatakan jika gagasan utama mereka adalah menciptakan seperangkat alat lengkap yang bisa langsung digunakan untuk video conference. Zoom for Home adalah inisiatif Zoom untuk menciptakan ruang penyesuaian yang lebih nyaman dan personal bagi penggunanya dengan melibatkan berbagai perangkat lain yang sudah disediakan.

Smith mengatakan jika Zoom for Home didesain dengan sederhana. Pengguna tinggal memasukkan kode akses web pada laptop atau telepon, lalu semua perangkatnya akan langsung terhubung.

 

Dengan fitur kalender, pengguna Zoom dapat menjadwalkan rapat online mereka di sidebar dan hanya perlu menekan salah satunya untuk terhubung dengan rapat online tersebut.

Perangkat ini juga akan dilengkapi fitur share screen antara perangkat dengan laptop atau ponsel menggunakan teknologi ultrasonic pairing. Teknologi ini mirip bluetooth, tapi alih-alih memancarkan sinyal radio, dia memancarkan suara dengan frekuensi 18 - 22 kHz untuk menghubungkan perangkat-perangkat elektronik tersebut

Smith berujar jika Zoom akan meluncurkan perangkat ini dengan dua mitra lainnya, termasuk Neat Bar dan Poly Studio X Series, dan kemungkinan akan melibatkan lebih banyak mitra di masa mendatang.

Perangkat produksi DTEN ini akan dijual dengan harga USD599 (sekitar Rp. 8.760.000) dengan metode pra pesan, sudah termasuk lisensi penggunaan resmi dari Zoom. Semua pesanan yang masuk direncanakan akan dikirim pada bulan depan. (*)

Related Articles
Tech
Konflik AS dan Tiongkok Memanas, Zoom Hengkang dari China

Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!

Interest
Sekarang Kita Bisa Pakai Background Studio Ghibli di Zoom, Ini Pilihannya