Tech

Logitech Rilis Ulang Seri Keyboard dan Mouse MX, Hanya untuk Apple

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 15th 2020

Logitech memang terkenal karena perangkat tetikus (mouse) produksi mereka yang bukan hanya variatif dan awet, tetapi juga terjangkau harganya. Logitech kini merilis seri terbaru dari mouse MX dan keyboard bluetooth yang sengaja didesain untuk memudahkan pekerjaan para pengguna perangkat Apple, seperti MacBook dan MacIntosh.

Mouse terbaru yang dirilis tersebut diberi nama seri MX Master for Mac. Mouse ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan MX Master 3 edisi sebelumnya yang tidak dikhususkan untuk perangkat Apple. Mouse ini hadir dengan spesifikasi yang sama persis seperti versi sebelumnya, termasuk roda scroll yang halus dengan kecepatan scroll maksimal 1.000 baris per detik serta fitur MagSpeed Logitech yang membuat pengalaman scrolling di layar komputer dapat berlangsung dengan lebih cepat dan nyaman. Fitur ekstranya terdapat pada kabel penghubung dengan format USB-C ke USB-C, bukan USB-A ke USB-C seperti pada versi sebelumnya. Fitur ini akan dapat mempermudah proses pengisian baterai mouse dan penggunaannya pada perangkat Apple, khususnya MacBook.

Mouse ini dapat digunakan selama 70 hari jika baterainya penuh, dan itu sama halnya dengan penggunaan selama tiga jam untuk pengisian baterai selama hanya 60 detik. Mouse ini juga dilengkapi teknologi Darkfield laser tracking yang memungkinkan akurasi hingga 1.000 dpi dalam mendeteksi permukaan alas mouse. Kabar baik lainnya, fitur ini dapat dipergunakan pada perangkat iPad juga dengan teknologi Easy-Switch sebagai penghubung perangkat ganda.

Sama halnya dengan pasangan mouse-nya, keyboard MX Keys for Mac juga tidak jauh berbeda dengan MX Keys seri sebelumnya yang dirilis bukan khusus untuk perangkat Apple. Keyboard ini mendukung fungsi nirkabel dan tersedia dalam tampilan Space Gray yang membuat warnanya match dengan warna perangkat Apple dengan tema tampilan Space Gray. 

MX Key juga dapat dioperasikan lintas OS termasuk pada perangkat macOS, iPadOS dan iOS serta dilengkapi port USB-C to USB-C yang membuatnya lebih efisien untuk digunakan di perangkat Apple karena tidak membutuhkan adaptor tambahan. MX Key dilengkapi teknologi backlighting pintar yang dapat aktif otomatis saat disentuh dengan jari, dan mati secara otomatis jika tidak digunakan untuk menghemat penggunaan baterai. MX Key for Apple, sama seperti MX Key biasa, teruji dari segi daya tahan dan efisiensi daya. Keyboard ini dapat beroperasi selama 10 hari dengan teknologi backlighting yang hidup jika baterainya terisi penuh.

Baik MX Master 3 maupun MX Key Logitech ini dijual dengan harga USD129,99 (sekitar Rp.1,9 juta).

Selain MX Key, Logitech juga meluncurkan versi lain keyboard khusus untuk pengguna Apple, yaitu K380 Bluetooth Keyboard. Keyboard satu ini memiliki tampilan lebih ringan dan portable, lengkap dengan tombol berbentuk bundar dan lapisan tombol dari plastik. Meski keyboard satu ini hanya beroperasi dengan teknologi bluetooth, K380 tetap dapat diakses pada tiga perangkat berbeda sekaligus pada waktu bersamaan, baik itu perangkat dengan OS iOS, macOS atau iPadOS dan tersedia dalam warna putih dan pink. Keyboard ini dilengkapi dua baterai AAA dalam satu paket yang dapat digunakan sampai 2 tahun.

Karena kualitas penggunaannya sedikit dibawah MX Key, harganya pun lebih murah, yaitu USD49,99 (sekitar Rp.729.000). (*)

Related Articles
Tech
Apple Punya Paten Teknologi Group Selfie untuk Protokol Physical Distancing

Interest
Tak Hanya Nyawa, Pandemi Covid-19 Juga Bisa Bunuh Privasi

Interest
Punya iPhone, Apple Watch, dan AirPods? Berarti Kalian Butuh Charger 3-in-1 Ini