Tech

Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online

Dwiwa

Posted on July 15th 2020

Tahun ajaran baru telah dimulai meskipun pandemi Covid-19 masih jauh dari kata usai. Di Indonesia, pemerintah mengijinkan sekolah untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah, hanya untuk wilayah yang masuk zona hijau.

Untuk sekolah di zona merah, aktivitas pembelajaran harus tetap dilaksanakan secara daring demi melindungi para penerus bangsa dari infeksi virus corona jenis baru ini.

Untuk bisa menunjang aktivitas belajar secara daring ini, tentu dibutuhkan sebuah aplikasi video conference sehingga siswa dan guru tetap bisa bertatap muka meski tidak berada dalam satu ruang. Nah, jika sedang mencari aplikasi apa yang bisa digunakan, Google Meet rasanya bisa dipertimbangkan.

Apalagi baru-baru ini layanan obrolan milik Google ini baru saja melakukan pembaruan terhadap keamanan untuk pertemuan yang diadakan oleh para pelanggan pendidikan. Fitur keamanan baru ini akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih aman dan tenang karena pengguna anonim tidak akan bisa menyusup.

Dilansir dari The Verge, fitur ini dapat dinikmati oleh para pelanggan G Suite for Education atau pelanggan G Suite Enterprise for Education. Fitur baru tersebut sepertinya dirancang untuk mencegah “zoombombing”, di mana pengguna yang tidak diinginkan bisa menyusup dan mengganggu pertemuan dengan video mengejutkan atau kata-kata makian.

Berdasarkan catatan ZDNet, semenjak proses pembelajaran berpindah daring akibat pandemi, beberapa siswa sengaja membagikan tautan kelas mereka ke orang asing.  Mereka kemudian meminta orang iseng untuk mengganggu pertemuan dengan harapan kelas bisa berakhir lebih cepat.

Selain Google, aplikasi perpesanan video yang sangat populer saat awal pandemi, Zoom, juga melakukan peningkatan keamanan. Platform yang menjadi asal mula munculnya istilah “zoombombing” ini membuat pembaruan pada versi 5.0.

Aplikasi versi terbaru ini memungkinkan pengguna bisa mengunci rapat dengan cepat, membatasi berbagi, serta mengaktifkan kata sandi secara default untuk membatasi siapa yang bisa bergabung ke dalam pertemuan.

Sementara itu, fitur keamanan anti “zoombombing” milik Google Meet ini akan hidup secara default bagi pelanggan Education. Satu-satunya cara untuk mematikannya adalah menghubungi pihak G Suite secara langsung.

Related Articles
Tech
Google Duo Hadirkan Banyak Fitur Baru, Bisa untuk Video Conference via Browser

Tech
Google Meet Kini Gratis, Apa Kelebihannya Dibanding Zoom?

Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!