Korea

Godaan dan Mitologi Yunani di Balik MV GFRIEND 'Apple'

Delya Oktovie Apsari

Posted on July 14th 2020

 

GFRIEND is back! Girlband beranggotakan Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, Sinb dan Umji tersebut baru saja merilis MV terbaru mereka Apple. Title track tersebut diambil dari album terbaru mereka, Song of the Sirens.

Imej GFRIEND tampak sangat berbeda di MV ini. Apple menunjukkan banyak referensi klasik dan simbol-simbol. Apple dibuka dengan member GFRIEND Eunha yang memetik sebuah apel merah dari pohon besar dan menggigitnya. Ia pun langsung tertidur.

Di sepanjang MV, kita melihat bagaimana member GFRIEND menghadapi godaan yang mereka rasakan selama berada di tempat yang merepresentasikan Taman Eden. Mereka pun sempat 'menyerah' pada godaan dan bersenang-senang di sebuah ruang makan, di mana Sinb menari di atas mejanya.

 

 

Godaan yang dirasakan GFRIEND ini juga terpancar dari liriknya.

“Ooh no, this sweet scent / Bright ruby drops draw me in / Ooh no, lead me more into temptation / Yes, your scent your color / Infuse me with pleasure / Infusing with color all my grey decisions / Nothing, no words can stop me here / Past my fingers and lips streams of red nectar fall / Dizzying scent draws me near / I like it, I like it, more I like it all.”

Source Music menyebut lagu Apple memiliki 'atmosfer mistis'. Dalam proses pembuatan lagu ini, Eunha dan Yuju ikut berpartisipasi, lho! Bahkan mereka juga menulis lirik lagu tersebut.

Song of the Sirens adalah EP ke-9 GFRIEND dan merupakan comeback kedua mereka pada tahun 2020 setelah Labyrinth. Song of the Sirens disebut-sebut merepresentasikan metamorfosis keenam member GFRIEND secara tema maupun kreativitas mereka.

Saat konferensi pers, para member mengungkap bahwa mereka sempat khawatir dengan respon penggemar. Song of the Sirens memang sangat berbeda dengan gaya musik maupun penampilan GFRIEND yang sebelum-sebelumnya.

"Kami berusaha keras untuk menunjukkan sisi yang berbeda. Kami selalu berpikir tentang perubahan selama karier bermusik kami. Kami telah menunjukkan bahwa kami sudah berubah dan berkembang. Namun dibandingkan dengan perubahan-perubahan kecil, kami ingin menunjukkan sesuatu yang membuat orang-orang bisa berkata 'wow, itu adalah sebuah transformasi dramatis yang luar biasa' saat kami mengerjakan album ini," jelas sang leader, Sowon.

Selain referensi permulaan manusia, mitologi Yunani juga melekat kuat di Song of the Sirens. Salah satunya ditunjukkan lewat pakaian GFRIEND di MV Apple maupun saat showcase. Mereka mengenakan gaun putih dan sandal tali.

"Album ini bercerita tentang perempuan yang menghadapi godaan," kata GFRIEND. "Judulnya terinspirasi dari, tentu saja, para siren yang muncul di mitologi Yunani, berusaha untuk memikat pelaut menuju kematian melalui nyanyian manis mereka. Album kami sebelumnya, Labyrinth, berkisah tentang perempuan yang menghadapi pilihan dan pemikiran mereka yang rumit. Album baru ini tentang bagaimana mereka memilih jalan mereka dan akhirnya menghadapi pilihan lain."

Kalau menurut Buddies, gimana comeback terbaru GFRIEND? Is it a hit or a miss? (*)

Related Articles
Korea
Tok! Big Hit Akhirnya Beli Saham Terbesar Pledis Entertainment

Entertainment
Seventeen Gabung Weverse, Fans Protes ke Pledis

Entertainment
Raih 4 Juta Copy, Pre-Order Album Baru BTS Pecahkan Rekor