Hobi

Manga Terpanjang di Dunia, Kochikame akan Rilis Chapter Spesial 20 Juli Nanti

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 13th 2020

Siapa yang tidak tahu Kochikame?

Baik anime maupun manga Kochikame cukup legendaris di Jepang. Reputasinya mungkin hanya bisa ditandingi manga veteran lainnya seperti Doraemon, Kinnikuman dan Hajime no Ippo.

Di Indonesia sendiri, anime Kochikame pernah tayang di Global TV pada 2008 - 2009 dengan plesetan nama karakter dan latar yang disesuaikan dengan orang Indonesia, seperti nama karakter utamanya yang berubah menjadi "Rio Kanan-Kiri".

Manga Kochikame terbit mingguan di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump sejak1976 dan ditamatkan pada 2016, alias sudah ongoing selama 40 tahun. Manga komedi berjudul lengkap Kochira Katsushika-ku Kamearikouen-mae Hashutsujo ini pun kontan mencetakkan rekor di Guiness's Book of World Record sebagai manga terpanjang dan terlama yang pernah terbit.

Osamu Akimoto, pengarang Kochikame akan memberikan kejutan kepada para penggemarnya. Di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump edisi ke-32, dia mengumumkan bahwa pada 20 Juli mendatang, Akimoto-sensei akan menerbitkan satu chapter Kochikame spesial di edisi gabungan ke-33 dan ke-34 Shonen Jump.

Masih belum diketahui apa judul chapter yang akan dituliskannya dan apa yang akan dibahasnya disana, tetapi ini bukan pertama kalinya Akimoto-sensei melakukan hal serupa.

Pada Desember 2019 lalu, dia juga menerbitkan chapter spesial Kochikame, seiring dengan penghargaan penghormatan yang dia terima satu bulan sebelumnya. Osamu Akimoto mendapatkan medali kehormatan dengan pita ungu yang disematkan kepadanya atas jasanya dalam "berkontribusi terhadap pembangunan, pengembangan dan pencapaian di bidang akademik dan kesenian".

Sepanjang terbit, Kochikame sudah menjual 150 juta kopi dari total 199 volume komiknya. Kochikame pernah diadaptasi ke dalam versi anime, anime spesial, live action movie, live action berseri dan beberapa pertunjukan panggung. Akimoto-Sensei juga meluncurkan empat manga baru setelah Kochikame tamat. (*)

 

Related Articles
Hobi
Dua Domain Situs Dragon Ball Didaftarkan untuk "Proyek Rahasia". Benarkah?

Hobi
Bantu Lawan Pandemi, Viz Media Gratiskan Akses Manga Black Clover

Hobi
Pengarang Act-age Ditangkap Karena Kasus Pelecehan. Bagaimana Nasib Komiknya?