Tech

Tesla Turunkan Harga Jual Model Y untuk Tarik Pembeli Selama Pandemi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 13th 2020

Tesla memang pemain kuat di pasar kendaraan listrik roda empat. Disamping membanjiri pasar dunia dengan Model 3 yang futuristik dan eksklusif, mereka juga terkenal karena Model Y, kendaraan SUV yang dipasarkan sejak Maret lalu. Kini Model Y dijual dengan harga USD 49.990 (sekitar Rp.722 juta) alias USD 3.000 (sekitar Rp 43 juta) lebih murah dari harga awalnya.

Perubahan harga Model Y tersebut dilaporkan pertama kali oleh Electrek pada akhir pekan lalu. Model Y bukan kendaraan pertama produksi Tesla yang harga jualnya diturunkan. Mei lalu, Tesla juga menurunkan harga sedan Model dan SUV Model X, demi mendorong penjualan mereka di tengah masyarakat dunia yang terdampak Covid-19.

Tesla bukan satu-satunya perusahaan pembuat mobil dunia yang "membanting" harga jual produk mereka karena pandemi. Tiga perusahaan otomotif terbesar di AS, Ford, General Motors dan Fiat Chrysler juga menawarkan bunga 0% bagi konsumen yang membeli secara kredit.

Awal Juli ini, Tesla mengklaim jika mereka telah memproduksi sebanyak 90.659 kendaraan di kuartal kedua 2020. Angka tersebut turun 4,8% dari kuartal sebelumnya karena penutupan sementara pabrik Tesla di AS semasa pandemi, tapi nilai itu tetap berada di atas perkiraan para analis.

Sebanyak 80.050 dari total kendaraan tersebut adalah gabungan Model 3 dan Model Y, sementara sisanya sebesar 10.600 adalah Model S dan Model X. (*)

Related Articles
Tech
Menyusul Tesla, Pembuat Mobil Listrik Tiongkok NIO Perluas Pasar ke Norwegia

Tech
Studi MIT Temukan Pengemudi Tesla Jadi Lalai Ketika Autopilot Aktif

Tech
Berambisi Kuasai Pasar EV dan AV, General Motors Berinvestasi Rp 503 Triliun