Current Issues

Virus Corona Disebut Menular Lewat Airborne, Ahli Sarankan untuk Matikan AC

Dwiwa

Posted on July 12th 2020

 

 

Penularan virus SARS-Cov-2 melalui airborne telah menjadi bahasan serius dalam sepekan terakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah memperbarui pedomannya setelah mendapatkan surat terbuka dari ratusan ilmuwan terkait cara penularan Covid-19 ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, para ahli pun menyarankan agar pendingin udara alias air conditioning (AC) yang mensirkulasi ulang udara yang sama di ruangan dimatikan atau digunakan hanya ketika jendela terbuka.

Dilansir dari Telegraph, para ahli mengatakan jika AC yang berfungsi sebagai resirkulasi udara dapat memperburuk penyebaran partikel virus jika ada orang yang terinfeksi Covid-19 di dalam ruang tersebut.

Dokter Shaun Fitzgerald, seorang fellow di Royal Academy of Engineering, mengatakan jika ada dua jenis AC. Yakni AC yang mengambil udara dari luar dan mengeluarkannya lagi, serta AC yang meresirkulasi udara yang sama atau dikenal sebagai unit split. Tipe kedua ini menyedot udara melewati lingkaran pendingin dan mengembalikannya ke ruangan.

Pedoman dari Chartered Institution of Building Service Engineers memperingatkan bahwa tipe AC yang hanya mensirkulasikan angin melewati pendingin mungkin bertanggung jawab untuk menyebarkan partikel virus di udara.

Fitzgerald yang ikut menyusun panduan tersebut, hal ini mungkin bertentangan dengan kebijakan konvensional dan lebih mahal karena membutuhkan listrik lebih banyak. Tetapi membuka jendela ketika menggunakan AC ini adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko tertular.

“Strategi yang disarankan saat ini, jika kalian memiliki salah satu dari unit tersebut, adalah buka jendela dan mengorbankan keinginan untuk mendapatkan lingkungan yang dingin. Jika ada sedikit saja angin yang menggerakkan udara di sekitar, maka aman. Jika tidak bisa membuka jendela, matikan AC,” ujarnya.

Kekhawatiran para ahli terkait AC muncul semenjak adanya publikasi dari penelitian yang diterbitkan di Emerging Infectious Disease yang meneliti pandemi corona pada 10 pengunjung di sebuah restoran di Guangzhou Tiongkok. Para pengunjung duduk di tiga meja yang terpisah dan para peneliti percaya jika aliran udara dari AC bisa menyebarkan droplet diantara tiga kelompok tersebut.

WHO sendiri telah menerbitkan laporan ilmiah baru yang mengakui “bukti yang muncul” dari penularan Covid-19 lewat airborne. Dikatakan jika restoran, klub malam, dan tempat ibadah dimana orang berteriak, berbicara atau bernyarnyi dan memiliki ventilasi buruk menjadi risiko terjadinya penularan penyakit melalui udara.

Dokter Julian Tang, konsultan virologis di Leicester Royal Infirmary dan salah satu penulis utama surat untuk WHO, mengatakan individu mengeluarkan udara hangat ketika bernapas yang dapat bergerak sekitar setengah meter setiap detik. Jika sesorang berada di bar yang ramai atau restoran dan berteriak, ini akan bergerak lebih cepat.

“Jika kalian berada di bawah AC ini mungkin membuat kondisi dimana kalian bisa menyebarkan virus ke sekitar. Udara hangat akan masuk ke lingkaran pendingin, AC tidak akan menyaring virus atau jamur apapun dan mungkin akan menyebarkan hembusan nafas yang terinfeksi,” ujarnya.

Menurut dokter Tang, virus ini diperkirakan berkembang biak dalam suhu dingin dan pendinginan dapat membuat virus bertahan. Meski beberapa perusahaan AC mengklaim melengkapi produk mereka memiliki penyaring antikuman, namun menurutnya ini tidak bisa dipastikan karena tidak adanya regulasi yang mengatur.

Dokter Tang juga menyebut jika pesawat terbang memiliki sistem penyaringan udara yang baik karena sebagian besar dilengkapi dengan sistem yang dapat menyaring virus dan bakteri.

Hal ini didasarkan pada dua penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dan menunjukkan jika penularan di pesawat jarang terjadi. Dalam sebuah penerbangan dengan 365 penumpang selama empat jam, 16 diantaranya positif Covid-19 dan hanya ada satu orang yang tertular. (*)

Related Articles
Current Issues
Respons Soal Penularan via Airborne, WHO Perbarui Panduan Pencegahan Covid-19

Current Issues
WHO: Penularan Covid-19 Lewat Airborne Jadi Perhatian, Droplet Masih Paling Umum

Current Issues
Peringatan WHO Untuk Pelancong : Waspada Covid-19 Dimanapun dan Kapanpun