Tech

Elon Musk Klaim Chip Otak Temuannya Dapat Sembuhkan Depresi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 11th 2020

Elon Musk selalu tampil fenomenal di hadapan publik. Baik karena perangainya yang sering "out of the box" atau karena inovasi yang ia perkenalkan lewat perusahaan-perusahaan miliknya. Salah satu perusahaan startup garapan Elon Musk, Neuralink, kini mendapat gilirannya dalam menyedot perhatian publik.

Musk mengklaim jika Neuralink saat ini tengah mengembangkan sebuah sistem komputer misterius yang tertanam dalam sebuah chip. Nantinya chip ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit mental, seperti kecanduan dan depresi.

Neuralink dibentuk pada 2016 lalu. Mereka menerima suntikan dana sebesar USD 158 juta (Rp 2,9 triliun). Tahun lalu Neuralink memulai proyek pembuatan sebuah perangkat elektronik yang dapat menghubungkan komputer langsung ke otak manusia.

Teknologi inilah yang belakangan disebutkan Elon Musk sebagai perangkat yang kelak dapat digunakan untuk mendorong kesehatan mental penggunanya. Beski baik Musk maupun Neuralink tidak membeberkan detail informasi lainnya mengenai teknologi ini.

"Informasi lebih lanjut terkait Neuralink akan dibuka ke publik pada 28 Agustus mendatang," terangnya via Twitter, Kamis (9/7) lalu.

Seorang pengguna Twitter, Pranay Pathole menanyakan Musk: Apakah Neuralink dapat menjangkau bagian otak yang selama ini menyebabkan seseorang menderita kecanduan dan depresi? Akan bagus sekali jika Neuralink dapat digunakan untuk mengatasi hal seperti kecanduan atau depresi.

"Tentu saja. Ini hal yang bagus dan "menakutkan". Segala hal yang kita rasakan atau pikirkan sebenarnya mengalirkan sinyal listrik. Material dasar mereka (rasa dan pikiran) adalah kumpulan elektron dan lepton. Bagaimana bisa kepingan terkecil di alam semesta dapat merasakan sesuatu?" jawab Musk.

Dalam jangka pendek, Neuralink rencananya akan digunakan untuk mengobati penyakit seperti Sindrom Parkinson. Sementara dalam rencanan yang berjangka lebih panjang, teknologi ini akan dimanfaatkan agar manusia mampu bersaing dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). (*)

Related Articles
Tech
Elon Musk Ciptakan Chip Untuk Otak, Bisa Dengar Musik Langsung di Kepala

Tech
Elon Musk Ingin Bikin Platform Media Sosial

Tech
Tesla Ajukan Permohonan Produksi Sel Baterai Terbesar di Gigafactory Berlin