Lifestyle

Gampang Banget! 6 Ide Camilan Viral untuk Teman Maraton Film

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 11th 2020


Nonton film atau serial drama kurang lengkap rasanya kalau belum ada camilan. Apa lagi di masa pandemi seperti sekarang, waktu luang jadi lebih banyak dan bisa nonton lebih lama lagi. Maraton tiap hari!

Nah, biar streaming film makin asyik, masak dulu camilan viral di bawah ini. Cocok banget deh buat menemani waktu menonton kamu!

1. Tteokbokki 

(Serious Eats) 

Pecinta drama Korea pasti tahu deh makanan satu ini. Hidangan bercita rasa pedas satu ini biasanya dimakan ramai-ramai untuk mencairkan suasana. Bikinnya gampang kok, kita buat dulu tteok atau kue berasnya.

Bahannya hanya tepung beras, tepung tapioka, dan garam yang diberikan air panas hingga membentuk adonan yang kalis. Bentuk jadi tabung kecil-kecil dan rebus deh!

Kalau di resep asli tteokbokki memakai saus gochujang, kita bisa buat sendiri sausnya dengan bahan dasar bubuk cabai, tepung ketan, dan bawang putih serta bumbu lainnya. Kalau sudah jadi pasta, tinggal kita masak dengan kue berasnya deh!

Biar makin enak, tteok bisa ditambah fish cake, potongan bakso, atau telur rebus. Dijamin nonton drakor makin seru deh! Untuk resep detailnya, cek video di bawah ini ya!

 2. Korean Garlic Cheese Bread 

(Prisca Arthalia via Cookpad)

Pasti sering banget kan lihat makanan satu ini lewat di timeline kalian? Roti asal Korea Selatan ini memang terlihat enak dan gurih banget! Kita bisa lho bikin sendiri. Kalau mau lebih gampang, siapkan roti bun yang sudah jadi aja, jadi kita tinggal buat isian cream cheese dan garlic butternya.

Kalau nggak punya cream cheese, ada alternatif lain nih. Buat aja pakai parutan Keju Cheddar, susu cair, dan maizena. Aduk hingga larut dan dinginkan 2-3 jam di kulkas.

Untuk garlic butter yang melapisi roti ini, kita tinggal campurkan cincangan bawang putih, mentega, kental manis, telur, dan parsley cincang secukupnya. Gampang kan?

Tinggal potong roti dan isi dengan cream cheese lalu celupkan roti ke garlic butter sampai semuanya terlapisi. Oven sekitar 10 menit, jadi deh! Untuk resep lengkapnya, cek thread Twitter satu ini atau lihat video di bawah ini.

 3. Dorayaki Coklat

(lidia lestari via Cookpad) 

Walaupun warnanya terlihat agak menyeramkan, camilan manis satu ini sempat diminati banyak warganet lho. Ditambah lagi, nggak butuh banyak bahan untuk membuatnya.

Cukup hancurkan biskuit coklat tanpa krim dan campur dengan susu, telur, dan baking powder. Biar cepat, pakai blender aja biar tercampur secara merata. Setelah adonan siap, tuangkan ke teflon dan bolak-balik sampai matang.

Isiannya bisa pakai krim yang sudah dipisahkan tadi, ditambah dengan mentega putih dan kental manis. Tinggal oleskan di dorayaki, jadi deh! Bisa pakai isian lain juga kok. Nih, lihat video pembuatannya di bawah ini.

4. Martabak Manis Teflon

(Anisa Festi's Kitchen via Cookpad) 

Hayo, siapa nih yang malam-malam suka makan panganan satu ini? Martabak manis atau kadang disebut terang bulan ini bisa lho kita bikin sendiri. Cukup siapkan tepung terigu, baking powder, baking soda, kental manis, gula, mentega cair, gula, ragi, dan topping yang diinginkan.

Kunci dari adonannya adalah baking powder, baking soda, dan ragi karena ketiga bahan ini yang membantu martabak berkembang dan bersarang.

Pastikan untuk mengaduk rata adonan ya! Nih, cek thread resepnya di sini atau lihat video tutorial di bawah ini.

5. Blueberry Cheesecake Dessert Box

(Twitter @JUVIAIS) 

Ini simpel banget sih, kamu bahkan nggak perlu oven. Siapkan biskuit yang sudah dihancurkan, campur dengan mentega cair lalu padatkan di sebuah wadah. Letakkan di kulkas lalu buat adonan cheesecakenya.

Campurkan parutan keju, susu, kental manis, dan bubuk agar-agar dan aduk hingga mulai mendidih. Tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental. Tuang ke atas lapisan biskuit dan dinginkan. Kalau sudah padat, berikan selai blueberry hingga menutupi semua permukaan. Jadi deh! Mudah dan enak banget kan? Nih, cek thread Twitter-nya di sini.

6. Bola Ubi Kopong

(zaliana via Cookpad) 

Siapa yang suka jajanan satu ini? Ternyata cara buatnya mudah lho. Rebus ubi lalu hancurkan di atas saringan agar halus. Campur dengan gula halus, tepung mazena, tepung tapioka, baking powder, dan air lalu aduk hingga kalis. Bulatkan adonan menjadi bulatan kecil dan letakkan di wadah tertutup untuk didiamkan satu jam.

Nah, proses menggoreng ini yang paling penting. Goreng dengan api kecil sambil menyiramkan minyak ke bola-bola. Bolak-balik dan jika permukaan bola ubi sudah keras, tekan-tekan dengan spatula agar menjadi kopong. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

Bisa kita tambahkan gula halus biar makin enak. Nih, lihat video resep lengkapnya di sini.

Nah, itu dia deretan resep makanan viral yang cocok buat teman nonton film atau streaming drama. Yang mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Akun TikTok Pemengaruh Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Follow!

Lifestyle
Restoran Karen’s Diner Mau Buka di Indonesia, Tertarik Makan sambil Dimarahin?

Lifestyle
Ramai di Tiktok, Ini Trik Ubah Tas Selempang jadi Tas Ransel dengan Tiga Langkah