Current Issues

WHO: Penularan Covid-19 Lewat Airborne Jadi Perhatian, Droplet Masih Paling Umum

Dwiwa

Posted on July 11th 2020

Penularan Covid-19 melalui airborne tengah menjadi pembahasan serius di kalangan ilmuwan dan juga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dilansir dari Reuters, Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk pandemi Covid-19 mengatakan penularan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-Cov-2 ini melalui airborne atau udara selalu menjadi perhatian. Namun droplet agaknya masih menjadi media penularan yang paling umum.

"Penularan aerosol adalah salah satu cara penularan yang telah menjadi perhatian kami sejak awal, terutama dalam layanan kesehatan. Di mana kita tahu jika droplet ini dapat aerosolis, yang berarti bisa bertahan lama di udara," jelasnya dalam briefing online di Jenewa, Jumat kemarin.

WHO sendiri telah melakukan pembaruan pedoman setelah mendapatkan surat terbuka dari ratusan ilmuwan dari 32 negara pada awal minggu. Mereka mengakui laporan adanya penularan melalui airborne.

Namun tidak mengonfirmasi apakah penularan menyebar melalui udara, cara transmisi yang tidak bisa dihentikan hanya dengan melakukan jaga jarak seperti saat ini.

Sementara itu, kepala National Institute of Allergy and Infectious Disease Amerika Serikat Anthony Fauci menyebut jika virus corona jenis baru ini kemungkinan menyebar melalui udara sampai tingkat tertentu.

"Masih ada beberapa pertanyaan tentang aerosol, tetapi kemungkinan beberapa tingkat aerosol," ujarnya melalui video dalam sesi panel pada konferensi Covid-19 yang diselenggarakan oleh International AIDS Society.

Sebelumnya, Fauci juga mengatakan jika asumsi tentang penularan melalui udara masuk akal terjadi meski masih belum ada bukti kuat yang mendukung. WHO pun mendesak agar ada lebih banyak penelitian yang dilakukan terkait kemungkinan ini.

Berdasar data WHO, kasus Covid-19 di dunia saat ini telah mencapai lebih dari 12 juta dengan 551.046 diantaranya meninggal dunia. Sementara di Indonesia, virus corona ini telah menyerang 72.347 orang dan terus mengalami peningkatan lebih dari seribu setiap harinya. (*)

Related Articles
Current Issues
Respons Soal Penularan via Airborne, WHO Perbarui Panduan Pencegahan Covid-19

Current Issues
WHO Berjanji Lakukan Evaluasi Jujur Terkait Bagaimana Dunia Menangani Covid-19

Current Issues
Virus Corona Disebut Menular Lewat Airborne, Ahli Sarankan untuk Matikan AC