Lifestyle

Seberapa Sering Sih Harusnya Kita Keramas Biar Rambut Tetap Bagus?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 10th 2020

(Freepik)

 

Sudah keramas belum hari ini? Kegiatan membersihkan rambut ini sudah jadi hal yang wajib dong untuk menjaga kebersihan dan bentuk mahkota kita. Tapi, biar rambut kita tetap bagus, harusnya kita keramas berapa kali sih dalam seminggu? Setiap hari? Dua kali seminggu?

Sebelum masuk ke frekuensi mencuci rambut, kita harus tahu dulu nih. Kulit kepala kita punya minyak alami atau disebut juga sebum. Nah, ketika kita menggunakan sampo saat keramas, segala kotoran dan juga minyak ini diserap oleh zat di dalam sampo tersebut untuk dihilangkan dari rambut kita.

Kalau kita terlalu sering mencuci rambut, maka minyak alami di kepala kita bisa hilang sehingga rambut menjadi kering. Sebaliknya, kalau kita jarang keramas, rambut jadi terlalu berminyak dan lepek deh. Untuk tahu frekuensi yang pas sesuai rambut kita, cek dulu poin-poin berikut!

 

Jenis rambut

 

(Freepik)

 

Dilansir dari HelloSehat, kalau kamu punya rambut yang kasar atau keriting, sebum akan lebih lama untuk mencapai akar rambut. Jadi kamu cukup keramas dua kali seminggu agar rambut tidak semakin kering dan rontok.

Sebaliknya, kalau rambut bergelombang atau lurus, minyak akan lebih mudah mencapai akar, mengakibatkan rambut lebih cepat terlihat berminyak. Dilansir dari PopSugar, seorang penata rambut bernama Kevin Mancuso berpendapat bahwa tidak masalah untuk mencuci rambut setiap hari untuk jenis rambut ini. Hal ini juga bisa memantu meningkatkan volume rambut lho!

 

Jenis kulit kepala

 

(Freepik)

 

Kalau kulit kepala kamu tipe yang sangat berminyak, gak masalah untuk mencuci rambut setiap hari. Dermatolog asal New York, Francesca Fusco berpendapat bahwa kalau kulit kepala kering, sebaiknya cuci rambut hanya seminggu sekali agar tetap bersih sudah cukup. Kalau ada masalah dengan ketombe, keramas dua kali seminggu dengan sampo antiketombe bisa membantu.

 

Tatanan rambut

 

(Freepik)

 

Di masa seperti sekarang pasti banyak deh yang eksperimen dengan warna atau gaya rambut karena bosan di rumah aja. Dilansir dari HelloSehat, kalau rambut kamu sering merasakan styling, ada baiknya untuk tidak terlalu sering keramas.

Penataan rambut yang tidak jarang melibatkan suhu tinggi sudah menghilangkan kelembapan rambut, sehingga jika terlalu sering dicuci akan membuat rambut makin kering.

Kalau untuk rambut yang diwarnai, terlalu sering keramas akan memudarkan warna rambutmu. Jadi jaga warna rambut agar tetap oke dengan tidak setiap hari keramas.

Nah, jadi seberapa sering kita harus keramas? Cari tahu dulu kondisi rambutmu dengan tiga poin di atas, lalu simpulkan jumlah keramas per minggu yang kamu perlukan. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner dan vitamin rambut untuk menambah nutrisi rambut agar tetap sehat! (*)

 

Artikel Terkait
Lifestyle
Penata Rambut di Kenya Ciptakan Model Rambut Mirip Coronavirus

Lifestyle
8 Kebiasaan yang Terlihat Sepele tapi Bisa Merusak Rambut, Stop Sekarang!

Lifestyle
Tren Mencampur Sampo dengan Kopi, Apa Benar Bisa Mengurangi Rambut Rontok?