Tech

Apple Luncurkan Preview iOS dan iPadOS 14, ini Fitur Terbarunya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 10th 2020

Setelah lama dinantikan, Apple akhirnya merilis preview resmi dari versi beta OS (operating system) iOS 14 untuk iPhone dan iPadOS 14 untuk iPad.

Apa saja yang berubah dalam versi terbaru OS ini? Berikut Mainmain.id rangkumkan buat kamu!

1. Perubahan Tampilan Layar Utama
Perubahan paling mencolok dalam update OS ini terdapat pada tampilan layar utamanya. iPhone kini mendapat tiga konsep fitur besar di layar utamanya. Mirip seperti Android, kini Apple tampaknya mengizinkan pengguna ponsel mereka untuk melakukan beberapa penyesuaian dasar terhadap tampilan layar utamanya.

Kini widget yang ada di iOS, iPadOS dan macOS bekerja dengan cara yang sama sekali berbeda. Pengguna iPhone dapat menyusun dan memindahkan ikon widget mereka dimanapun mereka inginkan di layar utama, menumpuknya, atau membuat "smart stack" yang mengurutkan widget berdasarkan relevansi penggunaannya.

Selain itu, terdapat "App Library" dimana ikon seluruh aplikasi dapat dilihat dan dikategorikan secara otomoatis oleh Apple. Dengan kata lain, ini pertama kalinya ikon aplikasi dapat dimunculkan di tempat-tempat berbeda pada tampilan iPhone.

Sayangnya, pengguna tidak dapat mengatur dan menyesuaikan letak folder di App Library sesuka hatinya, dan fitur ini hanya tersedia untuk iPhone, bukan iPad.

2. Apple Pencil Akan Lebih Terdayagunakan
Kali ini, khusus untuk iPad, Apple mempertahankan fitur andalan mereka: Scribble. Fitur Scribble digunakan untuk memasukkan teks secara langsung ke dalam kolom kosong dengan "mencoret" layar menggunakan Apple Pencil.

Fitur ini bukan teknologi baru dan sudah banyak digunakan pada ponsel atau tablet jenis lain, tetapi biasanya kolom rekognisi tulisan tangan berada terpisah dari kolom ketikan di layar ponsel, berbeda dengan penggunaan Scribble.

Pengguna iPad dapat menulis kata-katanya langsung cukup dengan menulis menggunakan Apple Pen di text entry box yang tersedia. Pengguna iPad bahkan tidak perlu benar-benar menulis sejajar dengan kolom tulisan.

Sebab Scribble akan mengenali pola tulisan penggunanya dan menerjemahkannya menjadi teks digital dengan sangat baik. Apple tidak menggunakan teknologi machine learning real time pada perangkat mereka, melainkan model statis yang dikembangkan secara khusus untuk segala jenis tulisan.

Kekurangan fitur ini hanya terdapat pada jeda waktu setengah detik atau lebih saat tulisan tangan seseorang diterjemahkan menjadi teks digital. Jeda tersebut membuat kesalahan tulisan tidak bisa langsung dideteksi oleh pengguna iPad secara langsung.

Sehingga tulisan tersebut hanya daat diperbaiki setelah proses transkripsi yang dilakukan Scribble telah selesai, dan ini kurang efisien.

Penggunaan Scribble dapat menjadi efisien untuk penulisan kata-kata pendek, seperti kata kunci untuk pencarian di browser Safari. Selain itu, Scribble juga menyediakan template hasil tulisan tangan penggunanya untuk di-copy-paste dimanapun dibutuhkan, dan ini fitur yang cukup membantu dalam banyak kondisi.

3. Compact UI dan Universal Search
Apple memperkenalkan fitur lainnya yang mereka namai "Compact UI" yang mengatur kemunculan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang digunakan dengan lebih efektif dan tidak mengganggu.

Misalnya, tampilan panggilan masuk kini hanya akan muncul di bagian atas layar, bukan menutupi seluruh layar iPhone. Fitur serupa juga akan berlaku untuk aplikasi VOIP pihak ketiga.

Aplikasi lain seperti FaceTime akan muncul dan disembunyikan dalam bentuk window picture-in-picture (PIP) yang tetap terbuka dan dapat diakses secara instan, dan ukuran window tersebut dapat disesuaikan. Window PIP sangat terdayagunakan dalam penggunaan Youtube dan Safari.

Selain itu, terdapat pula interface "Compact Siri", yang muncul dalam bentuk gelembung warna-warni di bagian bawah tampilan layar iPhone dan iPad. Tampilannya tidak menutupi layar utama, tapi untuk sekarang, belum ada kaitan antara tampilan layar dan Siri.

Bagian dari fitur compact UI adalah search bar terbaru yang kini dapat digunakan untuk mencari aplikasi, dokumen bahkan penelusuran web sekaligus hanya dengan sekali menekan tombol enter. Fitur ini kontan memangkas waktu yang biasanya dibutuhkan untuk menemukan apapun yang dicari seseorang pada smartphone-nya.

4. Banyak Aplikasi Baru
Apple kini menyediakan aplikasi penerjemah baru untuk iPhone yang mendukung penerjemahan dari dan ke bahasa Inggris, Spanyol, Mandarin, Jepang, Korea, Rusia, Jerman, Perancis, Italia, Portugis Brasil, dan Arab.

Siri akan memilih rekomendasi jenis bahasa yang hendak diterjemahkan, sementara Safari berperan menemukan terjemahan dari halaman web berbahasa Inggris, Spanyol.

Mandarin, Perancis, jerman, Rusia dan Portugis Brazil. Fitur ini bekerja dengan hampir sama baiknya seperti Google Translate. Tampilannya yang lebih sederhana juga memudahkan penggunanya dalam menerjemahkan kata-kata berbahasa asing.

Aplikasi iMessage juga di-update menjadi lebih canggih. Kini pengguna fitur ini dapat me-mention orang yang ada di chatroom-nya. Sayangnya, fitur ini hanya bekerja bagi sesama pengguna iOS versi 14.

Selain itu, aplikasi Map kini menampilkan peta Kanada, Inggris dan Irlandia yang lebih detil. Beberapa fitur tambahan juga disematkan di aplikasi ini, termasuk peta jalur sepeda.

Fitur ini dapat benar-benar membantu pesepeda, karena turut menunjukkan letak tanjakan dan turunan. Kekurangan fitur ini dibandingkan Google Maps adalah tidak adanya overlay pada tampilan peta.

Sehingga pengguna aplikasi ini perlu berpindah dari satu mode peta ke mode peta lain untuk melihat peta dari sudut pandang berbeda, seperti peta lalu lintas, peta transit kendaraan umum dan peta tampilan satelit.

Selain semua yang disebutkan diatas, sebenarnya ada banyak sekali fitur baru untuk ditemukan di versi terbaru iOS. Akan tetapi, mengingat iOS adalah OS yang cukup "menuntut" penggunanya untuk bereksplorasi sendiri, sepertinya tidak banyak penggunanya yang akan begitu tertarik menjajal semua jenis fitur-fitur kecil tambahan mereka.

Kalau kamu, tertarik nggak mencoba versi beta dari iOS 14? (*)

Related Articles
Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Tech
Masuki Industri Gaming, Apple Mulai "Sisihkan" Pesaingnya di App Store

Current Issues
Gunakan FaceTime untuk Meeting Kerjaan Selama WFH