Tech

Ikuti Jejak Apple, Samsung Akan Jual Charger Terpisah Dari Smartphone

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 9th 2020

(Samsung Newsroom)

 

Samsung, perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi ini kemungkinan besar tidak akan lagi melengkapi setiap pembelian smartphone dengan pengisi daya mulai 2021. Dilansir dari ET News, kebijakan ini diambil dengan alasan menghemat biaya produksi dan anggapan bahwa banyak charger pasti sudah banyak dimiliki masyarakat.

Sebelumnya perusahaan gawai ternama seperti Apple juga melakukan hal yang serupa. Dilansir dari The Verge, produk yang keluar pada 2020 direncanakan akan dipasarkan tanpa pengisi daya dan earpods. Perusahaan ini akan menggeser pengisi daya versi lama berkekuatan 18W dan 5W dan menawarkan charger baru berdaya 20W dengan fitur fast charging yang bisa dibeli terpisah.

Kebijakan yang dilakukan Samsung dan Apple ini bertujuan untuk menutup biaya produksi yang meningkat karena akan digunakannya 5G. Harapannya harga produk bisa lebih murah dan jumlah pembelian bisa tetap terjaga.

Pemisahan unit ponsel dan pengisi daya ini juga bisa berdampak baik bagi lingkungan, karena kemasan yang membungkus akan lebih kecil.

 

(Lazada)

 

Belum lagi ada potensi tidak sedikit masyarakat yang sudah punya charger, maka kebijakan ini mampu mengurangi sampah yang terbuang. Ongkos distribusi juga akan lebih murah dengan lebih banyak unit produk yang bisa langsung diangkut. Nah, cukup banyak dampak positifnya bukan?

Gimana, kamu ada rencana ganti ponsel dalam tahun ini atau tahun depan? Jangan kaget lagi ya kalau nggak dapat charger ketika kamu unboxing ponsel terbarumu! (*)

Related Articles
Tech
Samsung akan Pamerkan Galaxy Note Generasi Baru pada 5 Agustus

Tech
Sejajarkan Galaxy S dengan Note, Samsung Luncurkan Galaxy S21 Ultra plus S Pen

Tech
6 Fakta Soal Baterai Ponsel yang Mungkin Belum Kalian Tahu