Tech

Twitter Rancang Layanan Berlangganan, Akankah Jadi Medsos Berbayar?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 9th 2020

(Tech Crunch)

 

Twitter, sepertinya sedang mengerjakan sebuah proyek besar. Sebuah lowongan pekerjaan yang dibuat secara resmi oleh perusahaan ini berusaha merekrut pekerja untuk bergabung dalam tim bernama Gryphon.

Tim ini disebut akan membangun layanan berlangganan (subscription) yang bakal digunakan di media sosial (medsos) berlambang burung biru tersebut. 

Keterangan resmi tersebut menyebutkan bahwa platform berlangganan ini adalah hal yang sangat baru bagi Twitter, namun tidak menjelaskan secara detail bagaimana bentuk rencana tersebut akan diaplikasikan.

Untuk saat ini media sosial andalan untuk mengekspresikan diri melalui kata-kata ini telah menerima keuntungan dari penjualan iklan dan lisensi data. Mungkin layanan berlangganan yang masih digodok ini akan memungut biaya bulanan untuk konten tertentu dengan imbalan konten khusus yang tidak didapatkan pengguna biasa.

Fitur berlangganan sendiri sudah diluncurkan oleh YouTube, di mana kita bisa bergabung menjadi anggota kanal tertentu dengan membayar sejumlah biaya per bulan. Manfaat dari menjadi member ini adalah adanya update eksklusif dari sang pemilik kanal, lencana loyalitas yang muncul di nama kita ketika berkomentar, emoji spesial untuk dipergunakan di live chat, dan lain-lain.

 

Salah satu kanal YouTube yang menggunakan layanan berlangganan YouTube

 

Apakah Twitter akan punya fitur langganan yang mirip dengan yang dimiliki media sharing video tersebut? Tunggu aja deh sambil baca tweet yang ramai berseliweran di timeline kita!

Related Articles
Tech
Pendapatan Menurun, Twitter Rencanakan Layanan Berbayar

Tech
Twitter Gulirkan Fitur 'Quote' Agar Bisa Tahu "Retweet yang Dikomentari"

Interest
Fleets, Fitur Baru Twitter yang Mirip Instagram Story