Sport

Semangat Berlipat Zion Williamson di Orlando

Tora Nodisa

Posted on July 9th 2020

 

(Foto: New Orleans Pelicans)

Semangat pemain rookie New Orleans Pelicans, Zion Williamson sedang membara. Kondisinya pulih kembali setelah masa pandemi memberinya keuntungan untuk menyembuhkan cedera. Di saat liga kembali, Zion tepat berusia 20 tahun. Tentu di bulan kelahirannya, Zion ingin mencetak prestasi yang lebih baik.

Zion merayakan ulang tahun ke-20 pada 6 Juli 2020. Tapi bukan itu intinya. Cerita sesungguhnya adalah Zion kini bukan remaja lagi. Dia kini menjadi pemuda yang sedang mengejar prestasi gemilang di liga basket terbaik dunia. Setelah menjadi Draft NBA urutan pertama di musim 2018-2019, kini Zion merangkak menjadi pemuda paling produktif dalam sejarah NBA.

 

Zion menjadi pemain pilihan pertama dalam Draft NBA 2018-19. (Foto: New Orleans Pelicans)

Mari kita lihat apa prestastinya, ini berdasarkan statistik yang disajikan ESPN Stats & Info. Zion telah mencetak 448 poin dalam 19 pertandingan. Poin terbanyak dalam 19 pertandingan pertama sejak Michael Jordan pada tahun 1984-85 yang mencetak 486. Artinya, Zion mengalahkan Jordan di musim rookie-nya.

Williamson rata-rata menghasilkan 23,6 poin dengan akurasi tembakan 59 persen. Satu-satunya pemain baru yang pernah membuat statistik serupa adalah Shaquille O'Neal yang pernah menghasilkan 20 poin dan akurasi 55 persen di musim pertamanya.

Zion setidaknya mencetak 20 poin plus dalam 13 pertandingan beruntun. Rekor yang sama juga pernah dicetak salam sejarah NBA. Pada musim 2010-11, Blake Griffin mencetak 20 poin plus dalam 14 pertandingan berturut-turut.

Aksi Zion Williamson dalam sebuah pertandingan NBA sebelum hiatus. (Foto: NBA)

Di sisi pertahanan, Zion mampu menahan 22 persen tembakan tripoin lawan. Menurut Second Spectrum ini adalah persentase keberhasilan terendah dari 345 pemain yang bertarung di garis tiga angka pada 2019-20. Bahkan Zion lebih baik dari Kawhi Leonard yang mencetak 23 persen.

Jumlah maksimal pertandingan musim reguler yang bisa dimainkan Zion musim ini adalah 27 gim. Ini sudah dipotong masa hiatus NBA karena virus korona. Bila Zion menjadi Rookie of The Year, maka itu menghancurkan semua rekor yang pernah ada. Semua rookie terbaik yang pernah ada di NBA paling sedikit memainkan 50 gim. Mereka adalah Vince Carter (1998-99) dan Patrick Ewing (1985-86).

Nah, Zion kini bersemangat karena bulan ulang tahunnya. Ditambah lagi, Zion sudah pulih seratus persen dari cedera yang sempat mengganggunya. Jadi, menarik untuk menyaksikan bagaimana anak muda terbaik di NBA saat ini membawa tim Pelicans di lanjutan NBA nanti. (*)

Related Articles
Sport
Bikin 20 Poin Tiap Game Sepanjang 10 Laga, Zion Williamson Cetak Rekor NBA

Sport
Luka Doncic, Wonder Boy Yang Siap Menaklukan NBA

Sport
On This Date: KD Raih Gelar Regular Season Scoring Title di Usia 21 Tahun