Tech

Instagram akan Hilangkan Ikon "Activity" dan Tukar dengan Ikon "Shop". Benarkah?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 8th 2020

 

Salah satu peran positif media sosial dalam masa pandemi Covid-19 adalah menjadi lapak bagi pedagang usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) dalam memasarkan dagangannya secara online. Instagram adalah salah satu media sosial yang melakukan hal tersebut secara konkret, terutama lewat memperkenalkan fitur Shop pada Mei lalu.

Fitur Shop membuat para pengguna Instagram dapat berbelanja online hanya dengan mengunjungi tab bertuliskan Shop (Belanja) yang bergambar tas belanja di navigation bar Instagram. Disana, pengguna Instagram dapat menyaring dan memilih produk yang dijual berdasarkan kategori yang diinginkan.

Meski Instagram sudah mengumumkan sejak Mei lalu jika mereka berencana meng-update fitur Instagram Shop dengan tampilan baru, update tersebut belum juga dilaplikasikan secara global hingga sekarang.

Kabarnya, update tersebut termasuk mengganti letak ikon Instagram Shop ke posisi ikon Activity yang berbentuk hati di navigation bar utama Instagram. Untungnya, ikon Activity tidak akan benar-benar hilang.

Beberapa akun Instagram yang ikut serta dalam ujicoba fitur terbaru ini saat ini masih dapat mengakses menu activity yang berada di bagian atas kanan layar utama beranda, tepat di sebelah ikon direct message, atau dengan menekan ikon berbentuk hati yang ada di profil Instagram pengguna.

Pada tampilan versi uji coba Instagram tersebut, pengguna dapat menyortir barang yang mereka cari berdasarkan karegori seperti beauty, clothing & accessories, Home, Jewelry and Watches dan Travel.

Tidak semua produk yang dipasarkan via Instagram Shop disini dapat langsung dipesan lewat fitur checkout yang disertakan di Instagram Shop. Beberapa toko di Instagram Shop hanya menerima pelunasan pembayaran via situs web mereka sendiri. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan ada sejumlah biaya ekstra yang dikenakan untuk mereka yang menggunakan fitur checkout.

Dari segi tampilan etalase produk, ujicoba Instagram Shop juga sedikit berbeda dari sebelumnya. Instagram akan menyusun barang berdasarkan merk favorit para pembeli dan penjual produk. Barang-barang tersebut juga akan ditampilkan dengan gambar yang lebih besar, serta kolom "suggested for You" di bawahnya yang berisi produk-produk rekomendasi dari Instagram.

Fitur-fitur terbaru Instagram Shop yang tengah diujicoba ini rencananya akan diluncurkan tahun depan, tapi belum ada tanggal pasti. Untuk sementara, fitur-fitur ini hanya bisa diakses oleh beberapa pengguna Instagram di wilayah AS, dan akan disusul oleh segelintir pengguna Instagram lainnya dari berbagai negara di dunia.

Hasil uji coba tersebut akan menjadi bahan evaluasi Instagram dalam mengeksekusi fitur tersebut di masa depan secara lebih matang, termasuk soal mengembalikan ikon activity ke tempatnya semula jika diperlukan. (*)

Related Articles
Tech
Instagram Uji Coba Fitur Self Fundraising di Beberapa Negara

Tech
Rayakan Ultah Ke-10, Instagram Rilis Fitur "Ganti Ikon" dan Fitur Lainnya

Tech
Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker