Hobi

Ulang Tahun ke-4 Pokemon GO Catatkan Penghasilan Rp 52 triliun

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 8th 2020

Tidak terasa sudah empat tahun Pokemon Go mewujudkan mimpi semua orang untuk "berburu" Pokemon di dunia nyata. Sejak awal kemunculannya, game ini langsung meledak dan menyita perhatian semua orang karena fitur augmented reality-nya yang tidak biasa.

Popularitas tersebut tidak surut dengan waktu karena Niantic pengembang game Pokemon Go sendiri terus memberikan inovasi-inovasi baru ke dalam game mereka.

Selasa (7/6) lalu, Pokemon Go merayakan ulang tahunnya yang keempat. Meski tidak ada Pokemon Go Fest seperti tahun-tahun sebelumnya akibat dunia kini tengah dilanda pandemi.

Yang menarik, di tahun keempatnya saat ini, Pokemon GO berhasil mencatatkan cuan lumayan banyak. Perusahaan penyedia data aplikasi mobile, Sensor Tower punya data mengejutkan terkait Pokemon GO. Game itu kini sudah mencatatkan penghasilan kotor sebesar USD 3,6 miliar (sekitar Rp 52 triliun) sepanjang game mereka beroperasi.

Pokemon GO memang melejit sejak awal. Ketika pertama kali diluncurkan, dalam enam bulan pertama game ini berhasil memperoleh penghasilan USD 832,5 juta (lebih dari Rp 12 triliun). Lalu berhasil mencetak penghasilan sebesar USD 905 juta (Rp 13 triliun) dari seluruh dunia pada 2019.

Meski ada banyak permainan lainnya dengan fitur augmented reality seperti Pokemon GO, sejauh ini belum ada game lain yang bisa memperoleh penghasilan sebesar ini. Dalam rentang waktu empat tahun. 

Dragon Quest Walk mungkin adalah satu-satunya kompetitor potensial Pokemon Go di masa mendatang. Game besutan Square Enix ini dirilis pada September 2019 lalu. Mereka berhasil mencatatkan pendapatan sebesar USD 540 juta (Rp 7,8 triliun) dari hasil penjualan item in-app purchase. Selain Dragon Quest, ada pula Jurassic World Alive. Game buatan Ludia yang kini telah mengumpulkan pendapatan sebesar USD 76,5 juta (Rp 1,1 triliun).

Salah satu rintangan terbesar Pokemon Go saat ini dalam mempertahankan pendapatannya adalah kondisi pandemi yang sedang melanda dunia. Banyak pemain Pokemon GO yang kini tidak bisa keluar rumah untuk memainkan game-nya. Pokemon GO mencoba mengatasi hal tersebut dengan mengubah setting Pokemon GO, sehingga game ini dapat dimainkan di rumah masing-masing.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Karena Pandemi, Event "Go Fest" 2020 Pokemon Go digelar Secara Virtual

Hobi
Niantic Siap Rilis Dua Fitur Hadiah Harian untuk Pemain Pokemon Go

Interest
Niantic Bikin Ngegame Pokemon Go Tetap Asyik di Masa Self-quarantine