Hobi

Balon Udara Tim Rocket Muncul Lagi di Game Pokemon Go!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 8th 2020

Twitter Pokemon GO selama beberapa hari belakangan ini rajin mengunggah teaser gambar balon udara dengan logo Tim Rocket. Balon udara ikonik ini bukan lagi hal yang asing bagi para pemain Pokemon veteran, terutama mereka yang mengikuti animasinya sejak awal.

Balon udara dengan logo huruf "R" besar tersebut adalah kendaraan khusus yang biasa digunakan oleh duo karakter antagonis di anime Pokemon, Jesse dan James (atau Musashi dan Kojiro dalam versi Jepang).

Ternyata, tweet Pokemon GO tersebut merupakan bocoran untuk fitur pertarungan dengan Tim Rocket via interaksi dengan balon udara mereka. Sejauh ini, hanya trainer Pokemon dengan level 35 ke atas yang dapat melihat penampakan balon ini di dalam game.

Balon-balon udara ini tampaknya menjadi pintu bagi pertarungan antara trainer dengan anggota Tim Rocket. Walau sebagian anggota Tim Rcoket tersebut hanya bawahan biasa (biasa disebut grunt dalam game Pokemon yang lain), tapi beberapa karakter leader Tim Rocket yang kuat seperti Cliff, Sierra, Arlo dan bahkan Giovanni, bos Tim Rocket, dapat dilawan juga oleh para pemain.

Fitur pertarungan dengan Tim Rocket memang bukan fitur baru. Sebelumnya balon udara Tim Rocket sudah pernah muncul beberapa waktu lalu pada logo landmark yang ada di peta Pokemon Go.

Quest utama pemain dalam menghadapi Tim Rocket adalah mengalahkan mereka, lalu merebut pokemon shadow, alias pokemon yang berada di bawah kendali jahat Tim Rocket, kemudian melakukan "purify" untuk memurnikan pokemon tersebut dari fitur shadow yang membuatnya menjadi jahat. Pokemon yang direbut tersebut kemudian dapat menjadi milik trainer dan digunakan sebagai bagian dari timnya.

Salah satu leader Tim Rocket, Sierra, memiliki Pokemon shadow Beldum yang cukup langka. Selain itu, dalam update-nya pada Juli ini, Pokemon Go juga merilis beberapa pokemon shadow baru yang bisa didapatkan trainer dengan mengalahkan Tim Rocket, antara lain venonat, oddish, psyduck, growlithe, abra, hitmonchan, larvitar dan turtwig.

Pokemon shadow yang didapatkan trainer dapat dievolusikan ke tahap paling akhir dengan tetap mempertahankan fitur shadow-nya.

Daftar terbaru pokemon shadow ini tidak menggantikan daftar Pokemon shadow yang bisa didapatkan dari event Tim Ricket sebelumnya, tetapi hanya menambahkan variasinya. Itu artinya, kini akan ada lebih banyak pokemon shadow yang bisa dikoleksi pemain lewat mengalahkan Tim Rocket.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Niantic Siap Rilis Dua Fitur Hadiah Harian untuk Pemain Pokemon Go

Hobi
Pokemon Go Munculkan Mega Pidgeot di Event Mega September

Hobi
Niantic Akan Bawa Fitur "Mega Evolution" ke Pokemon Go