Tech

Fitur Baru! Komentar Instagram Kini Bisa Disematkan Untuk Halau Hujatan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 8th 2020

(Xanjero)

 

Selasa (7/7) lalu Instagram secara resmi meluncurkan fitur terbaru mereka. Kini pengguna Instagram bisa menyematkan komentar yang ada di postingan mereka. Fitur pinned comment ini memungkinkan kita menempatkan tiga komentar dalam setiap post agar komentar tersebut tetap berada di paling atas walaupun komentar lain terus bertambah.

Fitur yang pertama kali diuji coba Mei lalu itu bertujuan agar pemilik akun bisa mengontrol nada komentar dalam postingan yang diunggah. Komentar yang disematkan ini diharapkan merupakan komentar positif hingga bisa mengingatkan warganet untuk mengurangi jumlah komentar negatif.

 

 

Misalnya ada seorang pemengaruh yang membagikan video dirinya bepergian ke luar negeri. Karena sekarang pandemi masih belum usai, bisa saja warganet langsung menyerangnya karena tidak melaksanakan anjuran di rumah aja.

Lalu di antara komentar negatif tersebut, ada satu komentar yang menyatakan bahwa foto tersebut sudah pernah dipublikasikan lama sebelum pandemi merebak. Nah, pemilik postingan tersebut bisa menyematkan komentar tersebut untuk mencegah lebih banyak lagi komentar negatif.

Untuk melakukan pinned comment, tekan agak lama komentar di postingan kita, lalu klik logo push pin yang ada di bagian atas. Selain tombol pin, tersedia juga icon untuk melaporkan komentar dan menghapus komentar.

 

Cara menyematkan komentar

 

Instagram telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan fitur yang mampu menghalau pelecehan, penyalahgunaan, hingga infomasi yang tidak valid. Usaha ini makin digiatkan setelah perusahaan media sosial raksasa ini berada di bawah pimpinan Adam Mosseri, CEO Instagram saat ini.

 

Instagram menyematkan komentar di postingan terbarunya

 

Hingga sekarang, pengawasan terhadap komentar makin meningkat. Perusahaan ini sudah menggunakan artificial intelligence untuk secara otomatis memblokir komentar kasar dan juga mengingatkan pengguna ketika akan menulis caption yang dinilai menyalahi aturan berkomentar. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
400 Giga Data Startup Tiongkok Ini Bocor, Terdapat Jutaan Akun Pengguna Medsos

Tech
Setelah TikTok Diblokir, Ini Kiat Influencer India Tetap Eksis

Tech
Google Izinkan Orang Tua Hapus Foto Anak dari Hasil Penelusuran Gambar