Lifestyle

Mata Berkantung Karena Hobi Begadang? Ini Alasan Lain di Baliknya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 7th 2020

 

Kalau kantung mata mulai muncul, hal pertama yang kita salahkan pasti kurang tidur. Lipatan-lipatan di bawah mata ini memang erat kaitannya dengan masalah tidur, namun ternyata ada banyak penyebab lain lho yang bisa menyebabkan kondisi ini. Kira-kira apa aja? Yuk simak alasannya berikut ini!

1. Masalah kesehatan tertentu

Walaupun kelihatan sepele, kantung mata bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius lho. Dilansir dari Vogue, ahli penyakit mata Dr. Chaneve Jeanniton berpendapat bahwa masalah tiroid atau sinus bisa menyebabkan inflamasi dan berakibat pada pembentukan kantung di bawah mata. Selain itu, untuk para kaum hawa juga penting untuk memperhatikan siklus menstruasi yang bisa saja punya andil di kondisi bawah mata tersebut. Nah, cari tahu dulu ya!

2. Nutrisi tubuh kurang seimbang

Suka makan makanan asin? Bisa jadi ini jadi penyebab di balik mata berkantung lho. Dr. Jeanniton berkata bahwa kandungan garam yang tinggi dalam tubuh membuat air mengarah ke tempat bergaram tersebut untuk menurunkan konsentrasinya. Ketika air terus tertampung di satu titik maka terbentuklah kantung.

Mangkanya, penting untuk makan makanan yang mengandung kolagen atau vitamin A seperti wortel dan paprika serta Vitamin C. Ketiga nutrisi ini berfungsi sebagai anti-inflamasi dan larut dalam air. Kandungan Bromelain di nanas juga bagus untuk mencegah pembengkakan lho!

3. Ada Alergi

Alergi bukan hanya tentang munculnya rasa gatal. Misalnya ketika kita menggunakan lensa kontak, terkadang lensa tersebut bisa mengiritasi mata dan menghasilkan cairan di bawah mata. Akhirnya, mata terlihat bengkak. Pastikan lagi produk mata yang kamu gunakan cocok deh.

4. Kurang Istirahat dan Stres

Dilansir dari Vogue, dermatolog Dr. Natasha Sandy berkata bahwa istirahat mampu menurunkan tingkat stres dan menjaga hormon kortisol tetap cukup. Hormon ini bertugas sebagai pengendali stres, baik fisik atau emosi. “Istirahat memberi tubuh dan pikiran kita waktu regenerasi dan peremajaan. Ketika waktu istirahat kurang, ini bisa berdampak pada area bawah mata,” jelasnya.

5. Asupan Air Kurang

Kalau di poin kedua terkumpulnya air menjadi penyebab, kali ini kekurangan air juga bisa menjadi alasan di balik mata berkantung. Menjaga tubuh kita terhidrasi dengan baik melancarkan sirkulasi sehingga bisa menghilangkan kumpulan air yang berada di daerah mata. Rutin minum air putih dan sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan harianmu mulai sekarang!

6. Sisa Riasan Wajah yang Tidak Hilang

Kadang sisa riasan wajah bisa menempel di ujung mata dan menyebabkan pembengkakan. Dr. Sandy menyarankan untuk melakukan exfoliate pada kelopak mata setelah membersihkan make-up. “Usap kelopak hingga bulu mata perlahan dengan lap lembap. Ini akan mencegah adanya tonjolan di sekitar mata.”

Nah, itu dia deretan alasan mata berkantung selain kurang tidur. Kalau masalah matamu nggak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter ya! (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Hobi Begadang? Awas Risiko Diabetes Tipe 2 Bisa Naik Hingga 58 Persen

Lifestyle
Sering Merasa Haus Atau Anxious ? Mungkin Kamu Perlu Tidur Lebih Lama

Lifestyle
Karena Stress Masalah Kulit Jadi Bermunculan? Nih Alasan di Baliknya