Tech

PlayStation di Rumahmu itu Ternyata Hanya Dirakit dalam 30 Detik

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 7th 2020

Teknologi tinggi dimanfaatkan Sony tak hanya untuk meningkatkan kualitas software di konsol PlayStation (PS)-nya. Teknologi canggih juga turut dimanfaatkan dalam proses produksi hardware PlayStation.

Teknologi canggih itu di antaranya diaplikasikan dalam robot-robot untuk merakit hardware PlayStation 4. Setiap unit PlayStation 4 itu, satu perakitan konsol hanya butuh waktu 30 detik. Kemampuan luar biasa ini pertama kali diungkap oleh Nikkei Asian Review yang berkesempatan meliput langsung proses produksi unit PlayStation di pabriknya.

Di pabrik itu ada 32 unit robot canggih beroperasi membuat PS4. Sebanyak 26 robot berperan memasang kabel, kawat, dan perangkat-perangkat fleksibel lainnya ke dalam konsol PS4.

Hanya ada empat orang pekerja pabrik yang terlibat dalam proses tersebut. Dua orang berperan memasang motherboard dan dua orang lagi untuk mengemas konsol PS4 yang sudah selesai dirakit. Sisanya, dikerjakan secara otomatis oleh robot pabrik.

Pabrik PlayStation tersebut dibangun pada 2018 lalu. Dan sangat mungkin jika pabrik tersebut akan digunakan juga untuk memproduksi konsol PS5, yang akan dirilis tidak lama lagi.

Sony mengatakan bahwa mereka masih akan tetap berinvestasi pada pengembangan PS4. Mereka menetapkan jika semua game terbaru PS4 harus bisa dimainkan juga di PS5.(*)

Related Articles
Hobi
Mengapa PlayStation 5 Tidak Laku di Jepang?

Interest
Sony Kucurkan Dana Rp 156 M untuk Bantu Industri Game Indie Selama Pandemi

Interest
Sony Beberkan Detail Spesifikiasi PlayStation 5, Jadi Kapan Diluncurkan?