Lifestyle

Wisata Bali Bakal Dibuka untuk Turis Domestik Akhir Juli, Asing September

Dwiwa

Posted on July 7th 2020

Kasus Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 64.958 orang. Dalam beberapa hari terakhir, rata-rata kasus baru yang muncul masih berkisar di angka seribu. Meski begitu, roda perekonomian pelan-pelan mulai dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan yang dibuat pejabat berwenang.

Salah satu yang cukup banter digenjot adalah sektor pariwisata. Pada awal tahun sebelum pandemi datang, industri ini digadang-gadang bisa menghasilkan devisa sekitar Rp 298 triliun.

Beberapa destinasi wisata pun mulai diperbolehkan untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal semenjak akhir Juni silam.

Sementara bagi yang merindukan untuk menikmati keindahan Kuta, Tanah Lot atau destinasi wisata lain yang ada di Bali harus sedikit bersabar. Dilansir dari CNA, Gubernur Bali mengatakan jika  pantai, kuil, dan tempat wisata lain baru akan dibuka untuk pengunjung domestik mulai akhir Juli mendatang. Sementara turis asing akan diperbolehkan datang mulai 11 September.

“Kami terus melakukan upaya terbaik untuk mengatasi Covid-19, disaat yang sama kami juga harus memulai aktivitas demi kehidupan masyarakat,” ujar Gubernur Bali Wayan Koster. Masih belum jelas apakah nantinya semua negara diijinkan masuk atau akan ada pembatasan.

Berbagai destinasi wisata di Bali terpaksa harus ditutup sejak beberapa bulan terakhir demi menghentikan penyebaran Covid-19. Jumlah penerbangan ke pulau Dewata pun turun drastis selama pandemi. Hotel dan restoran yang biasanya selalu penuh juga harus berjuang keras untuk tetap bisa bertahan.

Pada awal pandemi Bali relatif tidak menghadapi dampak berarti dari Covid-19. Namun dalam beberapa minggu terakhir, kasus di Bali mengalami peningkatan cukup drastis hingga mencapai 1900 kasus dengan 23 kematian. (*)

Related Articles
Current Issues
Kenaikan Kasus Covid-19 Pupuskan Harapan Jadi Pusat Pariwisata Asia Tenggara

Interest
Akibat Coronavirus, 40 Ribu Pesanan Hotel di Bali Dibatalkan

Current Issues
Belum Melandai, Daerah-Daerah Ini Alami Lonjakan Covid-19 yang Signifikan