Hobi

Turuti Oda, Netflix Pilih Aktor Serial One Piece dari Negara Berbeda-beda

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 6th 2020

Netflix sudah sering mengadaptasi anime menjadi serial live action, dan hampir semuanya punya kualitas yang apik. Tapi saat Netflix mengumumkan mereka akan mengadaptasi One Piece menjadi serial live action, hampir semua orang skeptis.

Fanbase One Piece tentu beranggapan bahwa One Piece sudah sempurna sebagai manga dan anime, sehingga adaptasinya menjadi live action kemungkinan akan "merusak" kesempurnaan tersebut. Alasan lainnya adalah karena berdasarkan sejarah, tidak semua manga dan anime yang bagus sukses dalam adaptasinya. Contohnya adalah Death Note dan, tentu saja, Dragon Ball Evolution yang hingga kini masih sering jadi bahan lawakan warganet.

Meski demikian, kualitas adaptasi live action Netflix selama ini cukup mengundang rasa penasaran. Seperti apakah One Piece dalam bentuk live action? Apakah akan menjadi serial yang keren dengan caranya sendiri?

Fans sepertinya bisa menaruh sedikit harapan lebih bagi proyek live action ini. Sebab Eiichiro Oda, pengarang komik One Piece sendiri akan berperan sebagai produser eksekutif yang mengawasi proses produksi live action One Piece agar tidak "keluar jalur", termasuk soal siapa yang dapat memerankan karakter-karakternya.

Oda sendiri sudah pernah membayangkan bagaimana jadinya jika setiap karakter utama di cerita One Piece hidup di dunia nyata. Dari negara manakah mereka berasal? Oda menjawab pertanyaan tersebut di kolom SBS, kolom tanya-jawab fans dan komikus yang disediakan Oda untuk versi tankoubon (jilid) dari serial manga One Piece.

Oda menyebutkan bahwa masing-masing karakter protagonis penghuni kapal Thousand Sunny tersebut memiliki latar belakang ras dan etnis yang berbeda di dunia nyata, sehingga tercipta keberagaman di dalam ceritanya. Berikut daftar nama anggota utama kru Bajal Laut Topi Jerami beserta kewarganegaraan asal mereka di dunia nyata :

1. Luffy; Brazil

2. Zoro; Jepang

3. Nami; Swedia

4. Usopp; Afrika (tidak disebutkan secara spesifik tentang negaranya)

5. Sanji; Perancis

6. Chopper; Kanada

7. Robi; Rusia

8. Franky; Amerika Serikat

9. Brook; Australia

Kolom pertanyaan SBS ini terbit pada saat Jinbe belum bergabung dengan kru Bajak Laut Topi Jerami. Sehingga belum diketahui apa kewarganeraannya.

Netflix tampaknya menanggapi preferensi pribadi Oda tersebut dengan serius. Sebab salah satu staf produksi live action One Piece, Steven Maeda sempat mengungkit hal tersebut di twitter-nya.

Dia bertanya kepada followers-nya tentang siapa yang kira-kira cocok memerankan karakter Nami. Tweet tersebut direspons oleh banyak followers-nya, dan salah satunya mengatakan jika pemeran One Piece sebaiknya berasal dari latar belakang negara dan rasial yang beragam.

Halaman resmi One Piece mengunggah sekumpulan emoji bergambar bendera yang merepresentasikan kewarganegaraan setiap karakter One Piece di dunia nyata. Itu sesuai dengan rekomendasi Eiichiro Oda yang pernah ia sebutkan di SBS.

Kabar ini mungkin bisa jadi penenang bagi fans One Piece. Sebab Eiichiro Oda ternyata cukup berperan dalam mempengaruhi tim produksi film One Piece.

Proses produksi live action One Piece ditargetkan akan dimulai di Cape Town, Afrika Selatan pada 31 Agustus 2020 mendatang. Dan direncanakan selesai Februari 2021. Serial One Piece kemungkinan baru akan tayang di Netflix pada akhir 2021.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Eiichiro Oda "Izinkan" Fansnya Menjual Stiker Line One Piece. Ini Syaratnya!

Hobi
Eiichiro Oda Mungkin Tidak akan menggambar Manga Lagi Setelah One Piece Tamat

Hobi
Mengapa Anime Sangat Populer di Amerika Latin?