Hobi

Benarkah Manga Haikyuu!! Bakal Segera Tamat?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 6th 2020

Setelah Kuroko's Basket, Haikyuu!! adalah komik olahraga lain yang tidak boleh dilewatkan oleh penggemar manga manapun. Manga dan anime bergenre olahraga memang punya daya tariknya sendiri.

Haikyuu!! sudah cukup lama menghibur dan menghanyutkan para pembaca manga dan penonton anime lewat drama dan kompetisi khas pertandingan olahraga tingkat SMA. Pun demikian, tampaknya manga yang populer ini kini akan segera berakhir dalam hitungan pekan, bahkan hari.

Sebagaimana komik shonen mingguan lainnya di Jepang, Haikyuu!! juga biasanya merilis tanggal terbit chapter berikutnya. Dan dari jadwal terbit tersebut, penggemar Haikyuu!! jadi menemukan sesuatu yang tidak biasa pada chapter 401 dan 402 mendatang.

Kedua chapter tersebut akan dirilis dengan jumlah halaman lebih banyak yang full color. Selain itu, saat chapter 402 Haikyuu!! dirilis nanti, Haikyuu!! akan mengisi halaman sampul Majalah Komik Mingguan Shonen Jump.

Alasan di balik pemberian "panggung" ekstra kepada Haikyuu!! ini memang tidak dibeberkan pihak pengarang maupun Shonen Jump, tapi pola tersebut biasanya sengaja mereka diberikan kepada manga yang akan segera tamat. Hal yang serupa sebelumnya terjadi dengan komik Shonen Jump lain seperti Kimetsu no Yaiba dan The Promised Neverland.

Isu berakhirnya manga Haikyuu!! ini sebenarnya sudah diembuskan sejak akhir 2019 lalu. Haruichi Furudate mengonfirmasi lewat tweet-nya jika Haikyuu!! sudah memasuki arc cerita terakhirnya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembacanya atas segala dukungan yang telah mereka berikan selama ini.

Manga Haikyuu!! sudah terbit di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump sejak Februari 2012 silam. Komik yang dibuat oleh Haruichi Furudate ini menceritakan tentang Shoyo Hinata, seorang siswa laki-laki yang bercita-cita menjadi atlet voli profesional, meski dia memiliki tubuh kecil.(*)

 
Related Articles
Hobi
Siap Ditayangkan Januari 2021, Cell's at Work! Code Black Rilis Trailer Official

Hobi
Komikus Barakamon, Satsuki Yoshino Rilis Manga Baru Agustus Nanti

Hobi
Jelang Tamatnya "Haikyuu!!", Furudate Sensei Tulis "Catatan Pengarang" Terakhir