Lifestyle

Kaya Vitamin C, Makanan Baik Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imunitas

Dwiwa

Posted on July 6th 2020

Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 masih belum ditemukan obatnya. Para ilmuwan masih berlomba dengan waktu untuk bisa menemukan formula yang tepat dalam melawan pandemi yang telah menginfeksi hampir 11 juta orang ini.

Hal yang bisa dilakukan saat ini adalah mengikuti semua protokol kesehatan yang dibuat pejabat berwenang untuk memutus rantai penularan. Selain itu, kita juga harus mempertahankan sistem imun kita agar tetap dalam kondisi optimal agar dapat melawan atau setidaknya meminimalkan gejala yang muncul.

Salah satunya adalah dengan makan-makanan sehat dan aman yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral. Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang banyak digadang-gadang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Zat organik ini penting untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan di seluruh tubuh. Penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut juga membutuhkan vitamin ini. Termasuk juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal pilek dan penyakit musiman lainnya. Jadi menurut MedlinePlus, ini memang dapat meningkatkan sistem imun.

Vitamin ini banyak ditemukan di berbagai bahan makanan terutama buah-buahan. Lalu, apa saja ya sumber vitamin C yang baik? Dilansir dari MSN, beberapa makanan tinggi vitamin C yang bisa kalian tambahkan dalam menu harian adalah makanan yang asam seperti lemon, jeruk, anggur, clementine, dan lemon.

Selain itu, jambu biji juga menjadi sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. Faktanya, jambu biji mengandung empat kali jumlah vitamin C yang ada pada jeruk. Apalagi nih, jambu biji juga kaya vitamin A yang tidak kalah penting dalam meningkatkan kesehatan sistem imun selain menjaga mata tetap sehat.

Kalian mungkin juga ingin menambahkan kiwi ke dalam menu harian. Buah berwarna hijau ini dianggap sebagai salah satu yang paling bergizi di dunia karena suatu alasan. Buah ini memiliki kadar vitamin C sangat tinggi. Ada juga kandungan vitamin K, vitamin E, folat dan kalium, bahkan menjadi sumber serat yang bagus.

Terakhir, kalian juga bisa menambahkan kembang kol ke dalam diet. Secangkir sayuran ini mengandung banyak vitamin C. Kandungan seratnya juga baik untuk pencernaan, vitamin B6 untuk meningkatkan metabolisme dan vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan kaya vitamin C yang dapat kalian tambahkan dalam menu sehari-hari. Mempertahankan sistem imun agar tetap baik menjadi semakin penting mengingat kehidupan new normal yang akan segera kita hadapi.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur. Ketika keluar rumah, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang dibuat oleh pihak berwenang ya. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Susah Turun Berat Badan? Kebiasaan Buruk Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Lifestyle
Cukupi Kebutuhan Vitamin D Tak Harus Konsumsi Suplemen. Pakai Cara Ini Juga Bisa

Lifestyle
Kurangi yang Manis-Manis Karena Konsumsi Gula Berlebih Bisa Ganggu Sistem Imun