Tech

Facebook "Matikan" Aplikasi Uji Coba Mereka, Lasso dan Hobbi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 4th 2020

Walau terkenal karena produk media sosialnya, Facebook sebenarnya memiliki banyak aplikasi yang tidak terlalu populer. Dan karena tidak populer, beberapa aplikasi ini pun akhirnya terpaksa dinonaktifkan.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Lasso, aplikasi video pendek yang sangat mirip dengan TikTok. Aplikasi yang diluncurkan ulang pada 2018 lalu tersebut akan dinonaktifkan pada 10 Juli mendatang. Penonaktifan tersebut disebarkan oleh penyedia aplikasi tersebut lewat sebuah notifikasi yang ditujukan kepada semua pemilik akun disana.

Josh Constine, mantan editor TechCrunch berpendapat bahwa Facebook sengaja menonaktifkan Lasso karena tim mereka hendak berfokus kepada fitur Reels yang sedang dikembangkan untuk Instagram.

Reels sendiri adalah tool pengedit video yang membuat para penggunanya dapat merekam dan mengedit video mereka dengan style TikTok, sebelum mereka unggah ke story, kirim via DM atau disebarkan pada search bar terbaru mereka yang dinamai "Top Reels".

Fitur Reels ini untuk sementara tidak tersedia di Indonesia dan hanya dapat diakses pengguna Instagram di Brazil, Perancis dan Jerman. Lain halnya dengan Lasso yang sempat dapat diakses pada lebih banyak negara, terutama negara-negara Amerika Selatan seperti Kolombia, Meksiko, Argentina, Cili, Peru, Panama dan lain-lain sejak Februari 2020 lalu.

Lasso bukan satu-satunya aplikasi milik Facebook yang akan dinonaktifkan pada 10 Juli mendatang. Sebelumnya pada Jumat (4/7) lalu, TechCrunch juga melaporkan bahwa Facebook akan menonaktifkan Hobbi, aplikasi mirip Pinterest yang dibuat agar orang-orang dapat mendokumentasikan project pribadi mereka. Hobbi dibuat oleh tim eksperimen produk baru Facebook dan diluncurkan Februari lalu. (*)

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru untuk Update Berikutnya

Tech
Tinder Uji Coba Fitur Video Chat di Beberapa Negara, Termasuk Indonesia

Tech
Susul Twitter dan YouTube, Facebook Kini Dilengkapi Fitur "Topic"