Tech

Tak Perlu Cuci Tangan! Mesin Ini Bisa Disinfeksi Kamu Dengan Sinar Ultraviolet

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 4th 2020

Disinfeksi adalah hal yang belakangan menjadi protokol wajib dalam masa normal baru. Tentu saja semua orang tidak bisa selalu steril dari bakteri dan virus berbahaya, sehingga disinfeksi perlu dilakukan. Baik dengan sterilisasi tempat umum menggunakan disinfektan, penyediaan tempat cuci tangan untuk umum, hingga penyediaan cairan disinfektan untuk masyarakat.

Tentu saja semua itu cukup merepotkan, dan banyak ilmuwan yang berusaha mencari alternatif teknik dinsinfeksi yang lebih efisien, termasuk dengan menciptakan mesin disinfeksi.

Perusahaan asal India, Safelifz merilis sebuah mesin disinfeksi berbasis sinar UV yang dinamai UVC Scanz Plus. Mesin ini dapat memindai permukaan benda dengan sinar ultraviolet yang dapat membunuh kuman dan virus di tubuh manusia tanpa menciptakan kontak fisik.

UVC Scanz Plus juga dilengkapi fitur facial recognition dan kamera untuk mengambil gambar dan video lewat scanner-nya.

Mesin ini akan dapat dipasang dan dioperasikan di tempat-tempat umum yang selalu dikunjungi manusia, seperti bandara, super market, apartemen dan pusat perbelanjaan. Safelifz mengklaim jika akurasi mesin ini dalam membunuh kuman dan virus adalah sebesar 99,9%.

UVC Scanz Plus, sesuai namanya, memang dilengkapi berbagai fitur ekstra. Selain kamera gambar dan video, mesin pemindai ini juga dilengkapi sensor temperatur inframerah yang terintegrasi dengan alarm. Alarm tersebut dapat berbunyi jika mesin menemukan kejanggalan pada tubuh manusia yang dipindainya. (*)

 

 

Related Articles
Current Issues
Mengenal 'Ekologi 101', Ketika Disinfeksi Mengancam Kehidupan di Alam Liar

Current Issues
Robot Ini Dipersenjatai Sinar UV untuk Membersihkan Virus di Pesawat Terbang

Current Issues
Masihkah Perlu Mendisinfeksi Berbagai Permukaan Benda untuk Mencegah Covid-19?