Tech

Bosan Pakai Zoom untuk Video-Conference? Coba JioMeet!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 4th 2020

Rapat online via aplikasi dan situs video-conference kini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan semua orang. Zoom pun tiba-tiba kebanjiran peminat sejak pandemi melanda dunia. Selain Google Meet tentu saja. Tapi itu sepertinya tidak akan berlangsung lebih lama lagi.

Reliance Jio, perusahaan teknologi asal India kini meluncurkan produk mereka yang diklaim akan menyaingi Zoom sebagai penyedia jasa video-conference. Produk yang dinamai JioMeet tersebut juga menawarkan jasa mereka secara gratis, sama seperti kedua pesaingnya.

JioMeet akan bisa digunakan di perangkat dengan OS Android, iOS, serta Windows dan MacOS, serta  dapat diakses pada browser Google Chrome. Berbeda dengan Zoom, JioMeet kabarnya tidak memiliki batasan waktu online maksimum, sehingga video-conference dapat berjalan selama berjam-jam dengan maksimla 100 orang peserta.

JioMeet akan dilengkapi dengan kata kunci untuk mengakses room-nya serta dilengkapi waiting room untuk menyaring siapa yang bisa bergabung dengan room. Meski demikian, Reliance Jio belum mengatakan apakah JioMeet akan dilindungi fitur enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi para penggunanya.

Keunikan lain dari JioMeet adalah penggunanya tidak perlu membuat akun untuk dapat menggunakannya. Pengguna JioMeet hanya perlu memasukkan meeting id. Selain itu, JioMeet juga mendukung fitur multi-login, sehingga penggunanya dapat menggunakan IDyang sama untuk mengakses JioMeet pada waktu bersamaan. 

Reliance Jio memanfaatkan momentum pandemi dan karantina wilayah di India untuk memperluas jangkauan produk teknologi mereka. (*)

Related Articles
Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!

Current Issues
Di Zaman Pak Harto, Indonesia Ternyata Pernah Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh

Tech
Meski Diblokir di AS dan India, TikTok Terbanyak Diunduh di Dunia Selama Agustus