Sport

Lin Dan Pensiun Setelah 20 Tahun Berprestasi di Badminton

Tora Nodisa

Posted on July 4th 2020

(Foto: Chinadaily)

Dua kali juara Olimpiade dan dua kali juara dunia badminton asal Tiongkok, Lin Dan, memutuskan pensiun setelah 20 tahun melantai. Sabtu, 4 Juli 2020, Lin Dan pamit di media sosial. Ini berarti dirinya tidak akan memperkuat Tiongkok di Olimpiade Tokyo.

"Setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional," kata peraih medali emas Olimpiade dua kali di platform media sosial Weibo.

Menurut Asosiasi Bulutangkis Tiongkok, Lin mengajukan permohonan pensiun resmi beberapa hari yang lalu. Meski berat, mereka akhirnya mengizinkan sang superstar beristirahat. Pensiunnya Lin Dan tersebut terhitung satu tahun setelah rival abadinya Lee Chong Wei, asal Malaysia, mengumumkan pensiun.

Lin, dijuluki "anak nakal" selama masa mudanya, karena memiliki beberapa tato di tubuhnya. Tapi soal prestasi, jangan ditanya lagi. Sejak tahun 2000 hingga 2020, Lin menang 666 laga dan kalah 128 pertandingan. Pemain yang berusia 36 tahun itu juga mencetak 66 gelar juara, termasuk Olimpiade dan juara dunia.

"Keluarga saya, pelatih, rekan satu tim, dan penggemar telah menemani saya melalui banyak puncak dan palung yang sulit," katanya Lin. "Setiap lompatan kuat adalah keinginan untuk menang. Saya telah mendedikasikan segalanya untuk olahraga ini yang saya sukai."

Selain medali emas Olimpiade ganda, Lin juga merupakan juara dunia lima kali dan mantan nomor satu dunia lama. Lin mendapat julukan "Super Dan" di puncak karirnya. Namun, karir pemain kidal itu menurun dalam beberapa tahun terakhir karena usia dan cedera.

Dia selalu mengatakan bahwa ingin berlaga di Olimpiade Tokyo, tetapi penundaan Olimpiade membuat mimpi itu tidak mungkin terjadi. Lin menyatakan bahwa ingin menjadikan Olimpiade Tokyo untuk mendapatkan emas Olimpiade ketiga. Tapi apa daya, kini sudah tidak mungkin lagi. (*) 

Related Articles
Sport
Susul Butet, Tontowi Ahmad Resmi Pensiun

Sport
Ganda Putra Ahsan/Hendra Juara di All England!

Sport
Menilik Kiprah Minions, Ganda Putra Kebanggaan Indonesia