Tech

Apple Berencana Jadikan iPhone Sebagai Pengganti Paspor

Dwiwa

Posted on July 4th 2020

Apple telah menjadi sebuah merek raksasa yang membuat berbagai produk berkelas. Berbagai produk teknologi buatannya selalu diinginkan oleh para pecinta teknologi di berbagai belahan dunia. Terbaru, perusahaan yang berbasis di Cupertino berencana untuk menjadikan iPhone sebagai satu-satunya benda yang perlu dibawa saat keluar rumah.

Faktanya, saat ini iPhone membuat kita tidak lagi perlu membawa kertas, pena, kamera, dan bahkan cermin saat keluar rumah. Dilansir dari Gizchina, dengan aplikasi paten terbaru Apple, akan ada lebih banyak benda yang fungsinya bisa digantikan.

Belum lama ini Apple mengumumkan akan mengganti kunci mobil dengan iPhone. Sekarang, Apple beralih ke paspor, kartu pinjaman perpustakaan, kartu keanggotaan resor ski, serta sertifikat identifikasi lainnya.

Apple telah merinci cara menyalin dan menggunakan identifikasi pengguna dalam dokumen aplikasi paten terbaru. Menurut asumsi Apple, perangkat yang mirip iPhone dapat dengan aman mengirimkan identifikasi tertentu. Jika pemilik perangkat telah melakukan konfirmasi (seperti saat menggunakan sensor biometrik Apple Watch), mereka dapat mengirim identifikasi.

Meskipun aplikasi paten Apple terutama tentang paspor, sebenarnya ini bisa digunakan untuk banyak identifikasi. Apple juga menjelaskan secara detail dalam dokumen aplikasi paten bagaimana memastikan keamanan transmisi data melalui cara teknis.

Apple sendiri telah bekerja untuk menghadirkan kartu identitas keluaran pemerintah yang aman. Mereka juga bekerja sama dengan pemerintah Jerman dan Inggris untuk melaksanakan proyek kartu ID.

Wakil Presiden dari Apple Internet Service dan Apple Pay telah mempublikasikan pernyataan jika perusahaan ingin memberikan kartu ID. Namun mereka juga menyoroti kesulitan yang dihadapi dalam proses ini.

Menurutnya, pada 2019 agar identitas bisa legal harus disahkan oleh pemerintah. Banyak negara juga mulai menggunakan ponsel untuk menambahkan paspor. “Kalian dapat menggunakan paspor seluler saat di bandara, dan aku pikir ini akan berlanjut. Jadi ini tidak akan terlalu lama, hanya saja tidak akan secepat aktivitas lain yang kita miliki,” tambahnya. (*)

Related Articles
Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Tech
Apple Punya Paten Teknologi Group Selfie untuk Protokol Physical Distancing

Tech
Suka Lupa Cuci Tangan? Mungkin Fitur dari Samsung Galaxy Watch Ini Bisa Membantu