Tech

Google Luncurkan SmartReply untuk YouTube, Kini Balas Komentar jadi Lebih Mudah!

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 3rd 2020

SmartReply adalah teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang diciptakan Google empat tahun lalu. SmartReply selama ini berfungsi sebagai teknologi yang merekomendasikan respons terhadap pesan di Gmail, Android Messages, Play Developer Console dan lain sebagainya. Kini, Google meng-update programnya tersebut sehingga dapat digunakan di YouTube.

Fitur terbaru SmartReply akan memudahkan para kreator konten di YouTube dalam berinteraksi dengan para pemirsa mereka. SmartReply akan terintegrasi lewat YouTube Studio, dasbor online tempat youtuber mengawasi stats dan pertumbuhan channel YouTube mereka.

Kreator konten YouTube juga dapat mengakses YouTube Studio dalam menyaring, melihat dan membalas komentar yang dituliskan di video-video yang ada di channel mereka. 

Membalas komentar selama ini menjadi hal cukup menguras energi bagi youtuber, dan itulah tujuan digunakannya SmartReply. Dengan bantuan SmartReply, seorang youtuber tidak perlu repot-repot mengetik balasan komentar para penontonnya secara manual.

Pengguna YouTube hanya perlu mengklik salah satu template yang disediakan oleh SmartReply untuk membalas komentar para penontonnya, seperti "More to come" atau "Thank you!".

 

 

SmartReply untuk YouTube berbeda dengan SmartReply yang selama ini beroperasi untuk membalas pesan Gmail, karena variasi karakter yang digunakannya lebih luas. Template SmartReply juga dapat menggunakan emoji dan bahasa lain, demi mengimbangi komentar para penonton YouTube yang biasanya menggunakan bahasa gaul dan tata letak tanda baca yang salah.

Google mengatakan jika mereka mengatur agar SmartReply hanya memberikan template balasan jika seorang kreator konten YouTube memang benar-benar akan menggunakan respons tersebut. Untuk melakukan penyesuaian tersebut, program SmartReply perlu "dilatih" beberapa lama hingga dapat merespons komentar dengan tepat dan sesuai.

Pada awal peluncurannya, SmartReply beroperasi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol. Namun dengan pendekatan baru yang dimiliki SmartReply sekarang, Google optimis mereka dapat mengembangkannya dalam bahasa-bahasa lain di masa mendatang. (*)

 

Related Articles
Current Issues
On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online

Tech
Jepang akan Pekerjakan Tenaga Robot di Pusat Perbelanjaan FamilyMart

Tech
Play Music Hilang Tahun Ini, Google Luncurkan Alat Migrasi ke YouTube Music