Entertainment

Industri Musik Kian Terpuruk, Musisi Inggris Minta Bantuan Pemerintah

#LetTheMusicPlay

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 3rd 2020

 

Berbulan-bulan tak bisa manggung atau berkegiatan gara-gara Covid-19 membuat industri musik mulai goyah. Industri yang erat kaitannya dengan festival, konser, dan acara lain yang melibatkan banyak massa ini tentunya sulit untuk berjalan di tengah virus yang masih belum sepenuhnya hilang.

Di Inggris, beberapa musisi menyuarakan permohonan agar pemerintah setempat memberikan bantuan terhadap sektor musik live selama masa pembatasan sosial. Mereka berpendapat bahwa pemerintah punya andil besar untuk mencegah kebangkrutan masal yang bisa dirasakan pekerja di sektor tersebut.

 

 

Kumpulan 1.500 artis asal Inggris termasuk Ed Sheeran, Dua Lipa, The Rolling Stones, Nathan Sykes, Rita Ora, dan banyak lagi, menandatangani surat untuk Oliver Dowden, sekretaris negara bagian digital, budaya, media dan olahraga. Surat ini menuntut pemerintah mengucurkan dana bantuan untuk sektor musik live seperti yang dilakukan pemerintah Jerman bulan lalu.

“Masa depan acara musik dan ratusan ribu pekerja di sektor ini sangat suram. Social distancing masih harus diterapkan namun tidak ada bantuan dana yang diberikan,” kata para artis tersebut di dalam surat yang disampaikan.

 

Ross Lynch turut meramaikan tagar #LetTheMusicPlay

 

Melengkapi surat tersebut, para musisi tersebut juga memulai sebuah tagar #LetTheMusicPlay dengan memposting foto atau video acara musik terakhir mereka. Pecinta musik juga diajak untuk meramaikan tagar tersebut dengan dokumentasi konser atau festival terakhir yang mereka datangi.

Menurut para pencetus gerakan #LetTheMusicPlay, di negara Inggris sendiri, industri musik live mendukung sekitar 210.000 pekerjaan. Dengan adanya pandemi, tidak sedikit orang di bidang tersebut kehilangan pekerjaan, bahkan bisa mencapai 10.000 orang dalam tahun ini.

Dua Lipa turut menyuarakan pendapatnya. “Dari awal karierku, manggung di banyak konser sudah jadi pendorong utama karier bermusikku. Aku bangga bisa main di club kecil, lalu teater, ballrooms, hingga arena besar, dan tentunya festival-festival musik," tulisanya di Instagram.

"Di balik semua itu ada artis dan lebih banyak lagi orang di belakang penampilan yang hidupnya terancam karena kondisi sekarang. Industri ini butuh dukungan pemerintah sebelum bisa kembali berdiri sendiri di masa depan,” lanjut pelantun New Rules tersebut. 

 

 

Dalam tanggapannya untuk Billboard, pemerintah Inggris belum menyebutkan rencana spesifik untuk menyelamatkan sektor musik ini. Yang pasti, mereka sedang berusaha agar industri musik bisa mendapat bagian dari pinjaman pemerintah untuk bisnis dan pekerja sebesar 330 miliar poundsterling.

Juru bicara tersebut juga menambahkan bahwa Dewan Seni England juga menyediakan 160 poundsterling untuk membantu pekerja lepas dan seniman.

“Kami sudah menyediakan bantuan finansial yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti dalam bentuk pinjaman atau dana bantuan. Kami masih terus mencari cara untuk membantu karena kami tahu pandemi menimbulkan banyak rintangan untuk mempertahankan industri,” tambahnya.

 

 

Inisiator #LetTheMusicPlay ingin pemerintah memberikan jadwal jelas perihal kapan venue bisa digunakan tanpa social distancing. Mereka juga meminta para pekerja didukung dengan dana bantuan yang ditanggung pemerintah, kelonggaran dalam membayar sewa, perpanjangan masa bantuan bisnis, dan dana dukungan untuk teater atau pertunjukan lain yang mengalami kerugian.

Banyak dari musisi yang mendukung #LetTheMusicPlay tadinya akan tampil di festival musim panas seperti Glastonbury, Leeds, Green Man, dan Latitude. Namun semuanya kandas karena pandemi membatalkan semua acara dengan banyak massa.

“Biasanya di bulan Juli negara Inggris diramaikan dengan berbagai festival musik musim panas, namun tahun ini semuanya sirna,” kata Phil Bowdery, ketua dari asosiasi promosi konser di Inggris. “Tanpa dukungan segera dari pemerintah, imbasnya bisa panjang dan kita akan kehilangan ribuan pekerjaan serta miliaran poundsterling,” jelasnya. (*)

 

Related Articles
Entertainment
James Corden Undang BTS, Billie Eilish, dan Dua Lipa ke #HomeFest

Entertainment
Tujuan Dua Lipa Rilis 'Future Nostalgia': Mengabaikan Dunia

Current Issues
Inggris Uji Coba Konser Musik Live dengan 5.000 Penonton Tanpa Masker