Tech

Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 3rd 2020

 

Dua aplikasi yang populer di jagat media sosial, Facebook dan Instagram, bakal membantu pemerintah mengingatkan para penggunanya untuk selalu menggunakan masker. Imauan itu akan muncu di halaman berita Facebook atau di timeline feeds untuk Instagram.

Agar mendapat perhatian, pengingat ini akan muncul di bagian paling atas kedua media sosial tersebut. Imbauan ini juga disertai pilihan menuju Pusat Informasi Covid-19 yang mereka miliki untuk memudahkan pengguna mempelajari lebih lanjut perihal pandemi tersebut.

Ada juga pilihan untuk mengunjungi situs Centers of Disease Control and Prevention (cdc.gov) untuk informasi lain perihal pandemi khususnya di Amerika Serikat.

Perusahaan yang menaungi dua aplikasi tersebut menyatakan bahwa tambahan pengingat ini merespons meningkatnya kasus Covid-19 di negeri Paman Sam tersebut. Rabu kemarin (1/6) negara tersebut memecahkan rekor kasus tertinggi per hari dengan bertambahnya 50.000 kasus infeksi baru.

Di tengah banyak negara bagian yang merencanakan pembukaan kembali berbagai sektor, Amerika Serikat total memiliki 2,7 juta kasus positif dan lebih dari 128.000 orang meninggal dunia.

Rekomendasi CDC adalah agar masyarakat mengenakan masker di ruangan publik untuk melindungi diri dari potensi infeksi virus. Masker mengurangi kemungkinan kita mengeluarkan droplets yang mungkin saja menyebarkan virus.

Selama masa pandemi Facebook sendiri mengalami kesulitan mengendalikan informasi tidak faktual yang banyak beredar. Dengan adanya imbauan dan arahan untuk mengunjungi pusat informasi resmi ini, perusahaan berharap media sosial tersebut bisa mengurangi peredaran berita menyesatkan.

Sebelum merilis imbauan mengenakan masker ini, Facebook telah merilis fitur yang mengingatkan pengguna jika ingin membagikan berita yang telah berumur lebih dari tiga bulan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahpahaman masyarakat tentang keadaan terkini. (*)

Related Articles
Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Tech
Permudah Pengusaha, Facebook dan Instagram Uji Coba Fitur Shops

Lifestyle
3 Masalah Umum Pakai Masker, Begini Cara Mengatasinya