Lifestyle

Selain Diminum, Kopi Juga Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan Lho!

Dwiwa

Posted on July 2nd 2020

Kopi telah menjadi salah satu bahan makananĀ  yang semakin populer semenjak pandemi Covid-19. Media sosial pun terus diramaikan oleh berbagai resep olahan kopi, mulai dari minuman hingga camilan.

Tapi nih, selain untuk kesehatan tubuh, kopi juga bermanfaat untuk kecantikan lho. Lalu kira-kira apa saja nih manfaatnya? Dilansir dari Metro, berikut tujuh cara memanfaatkan kopi yang bisa kalian lakukan untuk mempercantik rambut dan kulit.

1. Memperbaiki Kulit di Bawah Mata

Menurut Coffee Direct, banyak krim mata yang mengklaim dapat memperbaiki kulit bawah mata mengandung kopi. Area di bawah mata adalah saluran limfatik yang memiliki drainase buruk, kafein membantu menghilangkan air dari saluran tersebut.

Akibat proses penuaan, kulit di bawah mata menjadi lebih tipis yang membuat pembuluh darah jadi terlihat. Dampak kopi dalam mengencangkan pembuluh memberikan hasil yang dapat terlihat selama 30 hingga 1 jam. Tetapi ingatlah jika kulit di bawah mata sangat tipis dan halus, jadi lakukan secara hati-hati.

2. Exfoliant alami

Kopi telah dikenal sebagai exfoliant alami yang membantu menyingkirkan kulit mati dan banyak digunakan sebagai bahan untuk lulur. Menurut Coffee Direct, bubuk kopi menjadi pengelupas yang hebat karena mereka tidak larut dalam air.

Kopi ini sangat cocok untuk menghilangkan sel kulit mati. Untuk membuat lulur kopi ini pun sangat mudah. Cukup mencampurkan 60 ml dari bubuk kopi segar, 60 ml gula merah dan beberapa tetes jus lemon. Gosokkan campuran ke kulit setiap beberapa hari sekali setelah mandi dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas.

3. Melembutkan kaki

Muak dengan kulit kering atau bersisik di telapak kaki? Kopi dapat memberikan solusi. Menurut Coffee Direct, kopi merupakan cara terbaik untuk membersihkan kulit pada kaki dan membuatnya terasa lembut.

Hal ini dikarenakan bubuk kopi dapat menghilangkan sel kulit mati dari telapak kaki dan efek stimulai dari kafein dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah di area tersebut.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kalian cukup membuat rendaman kaki yang terdiri dari 470 ml bubuk kopi yang dicampur dengan satu galon air. Biarkan selama 10-15 meit lalu bilas, keringkan dan beri pelembab. Perawatan ini dapat menggunakan air panas maupun dingin.

4. Membantu pertumbuhan rambut

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah rambut. Menurut Coffee Direct, kopi meningkatkan sirkuliasi ketika diserap oleh kulit kepala, ini mendorong pertumbuhan dengan cara memberi nutrisi pada folikel. Kopi juga menekan DHT yang merupakan hormon penyebab kerontokan.

Untuk mendapat manfaat ini, campurkan 240 ml bubuk kopi dengan 240 ml air kelapa dan pijat langsung kulit kepala lalu bilas. Gerakan memutar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan air kelapa mengandung banyak vitamin B yang memperkuat rambut dan mengurangi kerusakan. Namun jika kalian memiliki kondisi kerontokan seperti alopecia areata, hal ini tidak akan membantu.

5. Melembutkan bibir

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi menjadi bahan yang baik untuk mengelupas kulit mati. Ini juga berlaku untuk bibir. Menurut Coffee Direct, bibir pecah-pecah harus mendapatkan perawatan yang rutin, salah satunya dengan kopi.

Kalian bisa mencampurnya dengan air kelapa untuk membuat masker bibir bernutrisi. Campuran tersebut diusapkan secara ringan ke bibir dan bersihkan dengan lap basah. Kopi akan menstimulasi aliran darah ke area sehingga bibir kalian akan terlihat dengan warna alami. Berhati-hatilah saat mengaplikasikan campuran ini untuk menghindari kerusakan pada kulit yang halus. (*)

Related Articles

Interest
Mulai 2020, Iklan Olay Anti Photoshop

Interest
Cegah Distribusi Produk Kecantikan Abal-abal, Kominfo akan Atur Para Influencer