Tech

Amankah Situs yang Kita Kunjungi? Cek Dulu Beberapa Hal Berikut

Dwiwa

Posted on July 2nd 2020

Masa pandemi Covid-19 telah membuat orang-orang banyak menghabiskan waktu berselancar di dunia maya. Berbagai situs terpercaya maupun tidak jadi sering dikunjungi untuk sekadar menghabiskan waktu atau mencari informasi terkait virus corona.

Namun sayangnya, para penjelajah dunia maya ini tidak semuanya paham dan mengerti akan keamanan dari situs yang mereka kunjungi. Jika situs yang kita kunjungi tidak aman, tentu ini bisa berbahaya karena dapat menyebarkan malware ke perangkat, mencuri informasi pribadi bahkan meretas akun email kalian.

Lalu apa saja hal yang harus kita ketahui saat  akan berkunjung ke sebuah situs? Dilansir dari Techzone306 berikut lima hal yang wajib kalian cari saat membuka sebuah situs tertentu.

1. Temukan “S”

Hal pertama adalah memeriksa URL situs yang kalian buka. Banyak URL yang memulai dengan “http” atau “https” dan alamat terakhir adalah yang ingin kalian temui. Penambahan huruf S tersebut mengindikasikan jika situs telah terenkripsi dengan tingkat kemananan sesuai sertifikat SSL.

Ini akan melindungi informasi sensitif pengguna yang dimasukkan ke dalam situs. Jika situs yang dikunjungi tidak memiliki sertifikat tersebut, informasi kalian mungkin dapat diekspos dan diakses oleh peretas.

2. Cari Kebijakan Privasi Situs Web

Situs web yang kalian kunjungi harus memberikan kebijakan privasi yang jelas, menunjukkan bagaimana data dikumpulkan, disimpan, digunakan dan dilindungi oleh situs yang dimaksud. Kebijakan privasi menunjukkan bahwa pemilik situs mematuhi undang-undang yang berlaku dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan infoemasi tidak berakhir di tangan yang salah.

3. Cari Kontak Informasi

Meskipun ketiadaan kontak tidak selalu berarti situs tidak aman, banyak pengguna internet melaporkan bahwa situs yang mencantumkan nomor telepon dan alamat meail lebih terpercaya. Biasanya, situs yang aman akan mudah untuk mengakses kontak informasi dan menyediakan nomor telepon, alamat email dan alamat fisik jika mereka memeiliki.

Selain informasi lokasi ini, situs web yang aman umumnya mencantumkan sejumlah akun media sosial dan kebijakan pengembalian (jika ada). Meskipun langkah ini tidak selalu memberikan keamanan tambahan, mereka memberikan ketenangan pikiran jika ada seseorang yang dapat membantu jika terjadi sesuatu.

4. Periksa Trust Seal

Kalian harus menyempatkan waktu untuk melihat-lihat ke dalam situs web dan melihat adakah ikon yang mengatakan ini “terverifikasi” atau “Aman”. Ini yang dikenal sebagai trust seal, yang menunjukkan jika situs bekerja dengan mitra keamanan. Segel ini didesain untuk memberitahu pengunjung jika situs mereka memiliki keamanan HTTPS dan fitur lain, termasuk pemindaian malware.

Akan tetapi, kalian juga harus berhati-hati dengan segel kepercayaan palsu, verifikasi lencana tersebut dengan mengkliknya. Jika kalian dibawa ke halaman verifikasi, maka situs yang kalian kunjungi bekerja dengan perusahaan keamanan yang terverifikasi.

Nah itu tadi beberapa tanda yang harus kalian perhatikan ketika berkunjung ke sebuah situs. Pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan untuk melindungi informasi pribadi saat berselancar atau berbelanja online. Ingat untuk mengecek tanda-tanda di atas dan hanya kunjungi situs yang menawarkan sinyal keamanan. (*)

Related Articles
Tech
India Imbau Warganya untuk Tak Pesan Starlink Sampai Dapat Lisensi

Tech
Facebook Keluarkan Dana USD 400 Juta untuk Membeli GIPHY, Bakal Diapain ya?

Tech
Facebook Akan Sertakan Sumber Orisinal pada Artikel yang Dibagikan di Berandanya