Current Issues

WHO : Jalan Melawan Covid-19 Masih Panjang dan Terjal

Dwiwa

Posted on July 2nd 2020

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Jumlah kasusnya masih terus meningkat di berbagai belahan dunia. Penyakit yang teridentifikasi tahun lalu itu telah menginfeksi lebih dari 10 juta orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memperingatkan sejumlah negara yang dianggap masih gagal memerangi Covid-19.

“Beberapa negara, telah melakukan pendekatan yang kacau. Negara-negara ini menghadapi jalan panjang dan berat ke depan,” ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam briering virtual yang dikutip Reuters. Meski begitu, Tedros tidak secara spesifik menyebut negara mana saja yang dimaksud.

Seiring dengan dibukanya kembali pembatasan yang selama ini dilakukan di beberapa negara, lonjakan kasus lokal tidak bisa dihindari. “Namun negara yang memiliki sistem pendekatan secara komprehensif akan dapat mengendalikan lonjakan lokal dan menghindari dilakukannya pembatasan kembali,” tambahnya.

Pakar kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan jika PBB juga akan mengirimkan dua ahli dari kantor pusat untuk bergabung dengan tim khusus yang meneliti asal-usul virus corona tersebut. Asal-usul virus corona ini penting agar pihak terkait bisa melakukan tindakan penanggulangan yang lebih baik terhadap Covid-19. (*)

Related Articles
Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?

Current Issues
Peringatan WHO Untuk Pelancong : Waspada Covid-19 Dimanapun dan Kapanpun

Current Issues
Virus Corona Disebut Menular Lewat Airborne, Ahli Sarankan untuk Matikan AC