Interest

Streaming Membantu atau Membunuh Teater?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 1st 2020

(RT)

 

Di masa pandemi seperti sekarang, banyak tempat hiburan yang terpaksa tutup. Misalnya teater untuk menampilkan drama yang umumnya berada di negara Inggris.

Biasanya di masa normal penonton teater bisa mencapai 1000 orang dan masing-masing membayar sekitar 10 poundsterling (sekitar Rp 176 ribu) untuk menonton pertunjukan tersebut. Tentunya hal ini nggak bisa dilakukan di kala pandemi seperti sekarang yang melarang adanya kegiatan dengan banyak orang.

Dilansir dari South China Morning Post, Britain’s National Theater pun memutar otak untuk tetap menghibur penggemar teater dengan layanan streaming. Melalui kanal YouTube National Theatre, mereka menayangkan pertunjukan teater penuh secara gratis setiap minggu di hari Kamis.

Penampilan yang baru saja mereka bagikan adalah A Midsummer Night’s Dream yang dibintangi aktris serial Game of Thrones, Gwendoline Christie.

 

Pemeran tokoh Brienne of Tarth di serial Game of Thrones, Gwendoline Christine

 

Kalau biasanya mereka memungut tarif untuk menonton pertunjukan, pemasukan teater kali ini bergantung pada donasi yang diberikan penonton. Selama 5 hari dipertontonkan, pertunjukan oleh teater nasional Inggris tersebut telah meraup sekitar $15.000 (sekitar Rp 216 juta).

 

 

Mungkin terlihat cukup besar, namun 75% teater di Inggris mengatakan bahwa mereka mungkin saja tidak akan bertahan dari kekacauan tahun ini. Perusahaan pertunjukan seni di Amerika Serikat juga menyiratkan hal yang sama. Tentunya hal ini karena pertunjukan offline yang melibatkan venue tidak bisa dilakukan.

Walaupun keadaan belum terlihat membaik untuk pertunjukan langsung, beberapa perusahaan menunjukkan eksistensi mereka melalui dunia maya. English National Ballet misalnya, direktur mereka berpendapat bahwa pengenalan online ini bisa menarik penonton baru ketika teater nantinya buka kembali.

“Aku percaya keadaan seperti sekarang bisa memberikan kesempatan bagus untuk orang-orang yang belum pernah ke teater jadi tahu apa menariknya dunia kami,” katanya.

Namun penggunaan media online untuk teater bisa mematikan keberlangsungan teater itu sendiri. Direktur Teater Bolshoi, Vladimir Urin, berpendapat bahwa perusahaan teater harus punya strategi jangka panjang.

“Saya sangat yakin pada pihak yang berlebihan menggunakan media digital, mengunggah setiap pertunjukan setelah waktu premiernya, pasti kehilangan penonton,” kata surat kabar Kommersant.

 

Teater Bolshoi di Rusia (Alowisata)

 

Pertunjukan streaming juga kurang sensasi emosi dari ekspresi atau gerak sang aktor ketika kita saksikan secara langsung. Suasana teater seperti kurang terasa.

Namun manajer general di Metropolitan Opera di New York, Peter Gelb, percaya bahwa streaming menjadi promosi yang sangat efektif dan tidak takut akan mundur karena streaming.

“Saya percaya bahwa masyarakat pasti akan menonton opera kembali karena memang menyenangkan jika ditonton di rumah, namun akan lebih mengangumkan dengan pengalaman dimensi langsung yang didapat ketika menonton langsung,” jelasnya. Ia juga berpendapat streaming gratis pun memberikan keuntungan finansial langsung untuk opera.

 

 

Sejak New York menyandang status lockdown, Metropolitan Opera telah memiliki 125.000 pelanggan dan 19.000 penyumbang. Layanan video on-demand mereka yang berbayar tiap bulan atau tiap tahun juga bertambah dua kali lipat penggunanya selama pandemi ini.

“Sebelumnya kami punya 15.000 pelanggan dan sekarang 33.000 yang membayar lebih dari $100 tiap tahunnya untuk konten opera yang tersedia kapan pun mereka mau,” jelas Peter.

Setiap kebijakan pasti punya dua sisi. Teater bisa dinikmati dengan menonton langsung sebuah panggung atau melalui streaming. Dengan adanya streaming pelaku seni teater bisa menggapai orang-orang yang belum pernah langsung menonton teater dan bukan tidak mungkin akan menjadi penonton setia teater di masa depan. (*)

Related Articles
Interest
Asyik, 8 Lokasi “Game of Thrones” Ini Bisa Dikunjungi di Dunia Nyata

Interest
Disney+ Layanan Streaming Calon Pesaing Netflix

Interest
Taika Waititi akan Sutradarai Film Bioskop Star Wars Berikutnya