Korea

Tuai Kontroversi, YG Edit Patung Hindu di MV Blackpink 'How You Like That'

Delima Pangaribuan

Posted on June 30th 2020

 
Comeback BLACKPINK betul-betul menggebrak dengan How You Like That. Resmi jadi MV dengan pencapaian penonton tertinggi dalam 24 jam, rupanya ada sebagian fans jeli yang menemukan kesalahan fatal di MV bernuansa campuran Mesir-Barat-Korea itu. 
 
Mengutip AllKPop, fans khususnya yang berasal dari India menemukan ada gambar patung Hindu di salah satu scene. Tepatnya di part Lisa ketika sedang duduk di sebuah kursi layaknya singgasana. Di pojok kiri bawah scene itu, terdapat hiasan patung Hindu yang lumayan kecil tapi masih jelas.
 
YG Entertainment pun diserang sama fans penganut agama Hindu karena mencatut rupa Ganesha dalam MV mereka. Ditaruh di bawah, pula. Padahal dalam kepercayaan Hindu, Ganesha adalah dewa besar dan paling penting. Ganesha merupakan dewa kebijaksanaan yang dipercaya menjadi sumber pengetahuan dan kebudayaan.

 
Pencatutan Ganesha dianggap melecehkan sehingga fans, baik yang Hindu maupun bukan, ramai-ramai kirim e-mail ke YG untuk memperbaiki MV BLACKPINK. KPopers India bahkan sempat menaikkan tagar #YGApologizes dan #Ganesha yang jadi trending di India.
 
 
YG kemudian menghubungi YouTube untuk melakukan perubahan pada scene tersebut tanpa mengurangi jumlah views dan Google analytics mereka. Videonya nggak di-upload ulang, tapi sekarang kita bisa lihat ada perbedaan di MV tersebut. Gambar patung Ganesha kemudian diganti atau ditumpuk sama semacam guci biru tua biasa.

 
Fans pun berterima kasih atas tindakan cepat yang dilakukan YG. Sampai sekarang, MV How You Like That sudah ditonton 145 juta kali. (*)
Artikel Terkait
Korea
BLACKPINK Bakal Live Countdown Jelang Comeback

Korea
Bakal Catat Sejarah, Preorder Album BLACKPINK Raih Angka Fantastis!

Korea
BLACKPINK Tidak Lagi Mau Terima Hadiah dari Fans, Kenapa Ya?