Current Issues

WHO Kirim Tim ke Tiongok untuk Investigasi Asal Virus Corona

Dwiwa

Posted on June 30th 2020

Dari mana virus penyebab Covid-19 berasal masih menjadi perdebatan hingga kini. Banyak teori yang bermunculan mengenai asal sebenarnya dari virus yang sudah menelan nyawa 500 ribu orang di seluruh dunia tersebut. Para ilmuwan meyakini jika virus ini berasal dari sebuah pasar di Hubei yang memperjualbelikan satwa liar untuk dikonsumsi.

Namun teori lain menyebut jika virus ini merupakan hasil dari penelitian laboratorium yang bocor. Lokasi laboratorium bernama Wuhan Institute of Virology ini terletak tidak jauh dari pasar dan diyakini menjadi asal mula virus. Serta berbagai teori konspirasi lain yang masih minim bukti.

Masih menjadi misterinya asal-usul virus ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengirim tim ke Tiongkok untuk melakukan penyelidikan. Mereka berharap bisa mengetahui lebih banyak tentang virus ini agar dapat lebih baik dalam memerangi virus corona.

“Mengetahui sumber virus sangat-sangat penting. Kita dapat lebih baik dalam melakukan perlawanan ketika kita tahu segalanya tentang virus, termasuk bagaimana ini bermula. Kami akan mengirim tim ke Tiongkok minggu depan untuk mempersiapkannya dan kami berharap ini akan menjawab bagaimana virus ini bermula,” ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir dari The Guardian.

Meski begitu, tidak disebutkan dengan jelas susunan tim yang akan dikirim dan misi apa yang mereka bawa. Selain WHO, Amerika Serikat di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump juga pernah menyerukan penyelidikan tentang asal-usul virus corona ini.

Related Articles
Current Issues
Covid-19 Global Tembus 10 Juta Kasus, Hampir 500 Ribu Penderita Meninggal Dunia

Current Issues
WHO Resmi Sebut Coronavirus Berasal dari Hewan, Bukan Kebocoran Laboratorium

Current Issues
Covid-19 Disebut WHO 10 Kali Lebih Mematikan Dari Flu Babi