Lifestyle

Rugi! H&M akan Menutup Sekitar 200 Toko

Tora Nodisa

Posted on June 30th 2020

Dari mulai Nike hingga Chuck E. Cheese melaporkan bahwa mereka mengalami kerugian besar akibat pandemi coronavirus. Tak ubahnya dengan merek-merek tersebut, H&M Group juga mengalami nasib yang sama. Raksasa mode asal Swedia tersebut mengumumkan bawah mereka merugi dan akan menutup toko di seluruh dunia.

Selama paruh pertama tahun ini, H&M Group menghitung kerugian 2,06 miliar Kroner Swedia, setara 4,6 triliun rupiah. Merek besar penjual pakaian tersebut akhirnya mengumumkan rencana restrukturisasi. Rencana tersebut termasuk juga kemungkinan menutup toko-toko di seluruh dunia.

Meski begitu, H&M mengaku neraca keuangan membaik setelah toko kembali dibuka. Tapi perusahaan memilih untuk menutup 170 toko yang dimiliki. Mereka tidak menyebut toko di wilayah mana saja yang ditutup, namun jumlah itu akan bertambah hingga 200 toko.

Kebijakan H&M ini memang sedikit terlambat. Sebab, Zara milik Inditex sudah menutup lebih dari 1.200 toko demi ekspansi digital. Mereka mulai melakukannya bahkan sebelum ada pandemi virus korona. Sebenarnya, Zara sudah menyadari pergeseran orientasi belanja langsung ke belanja online. Tapi baru saat pandemi ini, belanja online berkembang pesat.

"Kamis sudah melihat bahwa pandemi telah mengubah perilaku pembeli, serta mempercepat digitalisasi industri fashion," kata CEO H&M Helena Helmersson. "Catatan lainnya yaitu, semakin banyak pembeli pria yang berbelanja online. Itulah yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk bergeser ke digital," imbuhnya.

H&M melaporkan, selama 2020 ini penjualan online naik sebesar 32 persen dalam mata uang lokal. Keuangan yang menggembirakan ini mendorong raksasa fashion Swedia tersebut untuk memperbaiki saluran penjualan digital mereka. Pasokan barang ke online dibuat lebih cepat, dan memastikan barang tersedia. (*)

Foto: rimma.co

Related Articles
Tech
Microsoft Tutup Semua Toko Ritel

Tech
Olympus Pamit dari Bisnis Kamera

Interest
Path, Ucapkan Selamat Tinggal Sejak Mulai Menjanggal