Hobi

Great Big Story Angkat Komunitas Vespa Esktrim Indonesia

Tora Nodisa

Posted on June 30th 2020

Kamis minggu lalu, sebuah video tentang Indonesia diunggah oleh akun YouTube Great Big Story. Channel yang berisi tentang hal-hal besar di dunia tersebut menyoroti tentang komunitas atau penggemar Vespa Ekstrim di Indonesia.

Sisi positif yang menjadi angle kisah tersebut adalah "Rebel Riders" merupakan wujud ekspresi diri dan bentuk lain dari persatuan Indonesia.

Ada beberapa fakta yang ditampilkan dalam video berdurasi 3 menit 15 detik tersebut. Salah satunya adalah Vespa sebagai pabrikan motor asal Italia mengakui bahwa Indonesia merupakan negara penggemar motor skuter.

Great Big Story menyebutnya "Rebel Riders". Di negara ini lebih dari 85 persen populasinya punya skuter, mayoritas bermerek Vespa. Jadi Vespa mengganggap bahwa Indonesia merupakan rumah kedua mereka.

"Di Italia, Vespa itu biasa aja. Di Indonesia, Vespa dibuat lebih ekstrim," kata Nando Anjasmara Azani, dalam wawancara di awal video tersebut.

Great Big Story mengambil beberapa footage tentang pembuatan Vespa ekstrim, hingga saat komunitas berkumpul. Banyak sekali agenda-agenda kumpul para Vespa ekstrim, salah satunya kalau di Pulau Jawa yang terkenal adalah Java Scooter Rendezvous.

Dalam acara ini, banyak ditemukan modifikasi unik para penggemar Vespa. Great Big Story menyebutnya sebagai wujud ekspresi diri.

Sementara itu, dalam video tersebut juga disematkan pesan tentang mencintai Indonesia dari sisi yang lain. Kebanyakan komunitas Vespa akrab dengan jalanan.

Mereka menyusuri jalanan Indonesia, menemukan tempat-tempat baru, dan teman-teman baru. Dengan cara ini, mereka bisa bersyukur bahwa bumi Indonesia itu indah.

Satu lagi pesan yang juga sangat berkesan di video tersebut yaitu tentang persaudaraan. Lazimnya, para pemilik Vespa tidak khawatir bepergian ke seluruh Indonesia, walaupun tanpa biaya, atau tanpa persiapan bekal di perjalanan. Karena para pemilik Vespa itu bersaudara. Inilah bentuk persatuan yang sesungguhnya.

"Di komunitas Vespa, kami berasa dari garis keturunan yang berbeda, tetapi kami adalah satu. Satu Vespa, sejuta saudara," kata Nando.

Video tersebut mendapat apresiasi dari akun Instagram @hypebeast. Mereka tampaknya juga tertarik dengan cerita besar di balik komunitas Vespa ekstrim di Indonesia.

The Great Big Story merupakan perusahaan media global yang menayangkan cerita-cerita besar dari seluruh dunia. Kantor pusatnya di New York, dan terdapat satu biro di London. Akun YouTube-nya dimulai tahun 2015, dan sudah menayangkan film pendek, dokumenter, cerita sosial, dan banyak lagi. Mereka juga sudah melakukan liputan di lebih dari 100 negara di dunia. (*)

Foto: National Geographic

Related Articles
Interest
Banyak Pendengar, Kumpulan ‘Ceritera’ Hivi Pas Banget Sama Kisah Anak Muda

Entertainment
3 Hari Rilis, MV 'Kumau Dia' Andmesh Kamaleng Raih 7 Juta Views

Entertainment
Debut Mahen 'Pura-pura Lupa' Langsung Trending di YouTube Indonesia