Interest

NASA Buka Kompetisi Rancang Toilet di Bulan, Tertarik?

Delima Pangaribuan

Posted on June 29th 2020

(NASA)
 
 
Pernahkah kalian terpikir gimana kehidupan astronot di luar angkasa? Pastinya gak bisa normal kayak kita karena di sana bebas gravitasi. Gak bisa makan nasi campur, gak bisa nonton TV, dan bayangin gimana kalau mereka mau buang air besar alias BAB. 
 

Sudah ada sih sistem toilet yang biasa mereka pakai. Tapi itu terbatas di microgravitasi aja. Sementara di tempat dengan nilai gravitasi lain, seperti bulan, gak memungkinkan. Makanya kemudian NASA kepikiran buat mengembangkan desain toilet lain yang bisa diterapkan di gravitasi bulan itu.
 
Melansir Cnet, NASA bakal melakukan eksplorasi ke bulan lagi 2024 mendatang. Mulai Juni ini, mereka membuka kompetisi bagi siapa saja yang ingin merancang toilet yang cocok untuk gravitasi bulan. Buat gambaran, gravitasi bulan itu kira-kira seperenamnya (1/6) gravitasi Bumi. Jadi menurut ilmuwan ruang angkasa, kotoran yang dikeluarin bakal bergerak berbeda di luar sana. Gak jatuh gitu aja kayak di Bumi.
 
NASA sendiri udah kasuh gambaran kira-kira seperti apa spesifikasi yang dibutuhkan toilet gravitasi bulan ini. Antara lain, beratnya gak boleh lebih dari 15 kilogram pas ditimbang di Bumi, volume kapasitasnya gak lebih dari 0,12 meter kubik, mengkonsumsi energi gak lebih dari 70 watt, menghasilkan suara gak lebih dari 60 desibel, dan harus bisa dipakai cewek maupun cowok jadi ukurannya harus fleksibel.

 
"Walaupun kami tahu bagaimana membuat toilet luar angkasa, tapi ada banyak inovasi toilet juga yang bermunculan dalam rangka waste management. Mulai dari toilet tanpa flush maupun toilet tanpa air dan banyak lagi," kata Mike Interbartolo, project manager Lunar Loo Challenge di NASA Johnson Space Center.
 
"Kami ingin melihat apa yang bisa muncul lewat pengumpulan ide dari masyarakat, yang mungkin outnof the box dan membawa perspektif berbeda untuk hal yang dibutuhkan bagi toilet," lanjutnya.
 
Interbartolo menambahkan, konsepnya mungkin akan mirip dengan inovasi toilet untuk beberapa kondisi. Misalnya untuk camping, di laut, atau di daerah terpencil dan sulit air.  Challenge ini dibagi ke dalam dua kategori, teknis dan junior. Buat yang pengen ikutan, disarankan untuk submit ide ke NASA paling lambat 17 Agustus mendatang. Tertarik buat partisipasi? (*)
Related Articles
Interest
NASA Buka Jalan Manusia ke Mars Lewat Kendaraan Baru, Rover Mars 2020

Interest
Pegawai Positif Coronavirus, Pusat Penelitian NASA Wajibkan Kerja dari Rumah

Interest
Lulusan Astronaut NASA 2020 Didominasi Perempuan