Tech

Masker Pintar Asal Jepang Ini Bisa Terhubung ke Ponsel, Salin Suara Jadi Teks

Dwiwa

Posted on June 28th 2020

 

Masker telah menjadi salah satu aksesoris yang wajib digunakan ketika keluar rumah selama pandemi Covid-19. Tidak sekadar untuk melindungi diri dari virus, masker juga telah berkembang menjadi aksesoris stylish yang mampu menunjang penampilan. Terbaru, masker juga dilengkapi teknologi masa kini yang memudahkan penggunanya.

Dilansir dari Cnet, perusahaan start-up asal Jepang Donut Robotics telah mengembangkan sebuah masker pintar dengan kemampuan teknologi gadget masa kini. Diberi nama C-mask, masker ini terkoneksi melalui bluetooth ke ponsel dan dapat digunakan untuk mendikte pesan atau melakukan panggilan.

“Kami bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi untuk menciptakan produk yang merespon bagaimana virus corona telah mengubah masyarakat,” ujar CEO Donut Robotics Taisuke Ono kepada Reuters.

Fitur lain yang menarik adalah kemampuannya mengirim pesan suara dari ponsel. Suara orang yang memakai masker biasanya kurang jelas terdengar, jadi perangkat ini menggunakan konsep loudspeaker digital untuk membantu penggunanya berbicara dengan orang yang cukup jauh dari kalian.

Sistem yang digunakan juga dirancang untuk bisa menerjemahkan ucapan ke dalam delapan bahasa yang berbeda. Namun untuk bisa menikmati fitur yang awalnya dikembangkan oleh Donut untuk robot Cinnamon ini, kalian harus terlebih dahulu berlangganan.

C-mask ini dapat mulai dipesan di Jepang dengan harga sekitar USD 40 atau sekitar Rp 566 ribu. Perusahaan berharap bisa mengirimkannya akhir tahun ini. Sementara bagi yang tinggal di luar Jepang harus lebih bersabar untuk bisa memiliki masker pintar ini. (*)

Related Articles
Current Issues
Biar Aman, Terapkan Cara Berikut Saat Mendesinfeksi Masker Kain Hingga N95

Current Issues
Masker Bedah Turunkan Risiko Penularan Covid-19 Hingga 75 Persen

Current Issues
Studi: Jaga Jarak dan Menggunakan Masker Terbukti Kurangi Risiko Covid-19