Sport

The Undertaker (Benar-benar) Pamit dari Gulat Profesional

Tora Nodisa

Posted on June 28th 2020

Berkali-kali bangkit dari 'kematian', The Death Man akhirnya pensiun juga. World Wrestling Entertainment mengumumkan bahwa The Undertaker benar-benar pensiun dari gulat profesional. Perpisahan dengan sang legenda itu dibuat episode khusus di Friday Night SmackDown yang tayang pada 26 Juni, waktu Amerika Serikat.

Mark William Calaway atau yang terkenal dengan nama panggung The Undertaker mengumumkan bahwa pertarungannya dengan AJ Styles di WrestleMania 36 adalah pertandingan terakhirnya, atau dikenal dengan nama "The Last Ride".

Tetapi sebagai penghormatan, WWE membuat edisi khusus perpisahan pada Friday Night SmackDown. Dalam episode tersebut disematkan wawancara dengan bintang WWE dan Hall of Famers, seperti Roman Reigns, John Cena, dan Shawn Michaels.

Memang dalam gulat, khususnya WWE, segalanya masih mungkin terjadi. Beberapa kali Undertaker muncul dan hilang di WWE. Jadi banyak penggemar yang masih percaya bahwa The American Bad Ass ini bisa kembali bertarung lagi. Namun, di sisi lain, Undertaker sudah kurang gesit lagi, karena usianya menginjak 55 tahun. Bisnis di belakang layar juga banyak, sehingga pensiun kali ini bisa saja untuk selamanya.

Mark Calaway memulai karier sebagai pegulat profesional pada tahun 1987 di World Class Championship Wrestling. Saat kompetisi berubah nama menjadi World Championship Wrestling (WCW) dirinya masih memakai nama "Mean Mark". Pada tahun 1990, ia pindah ke World Wrestling Federation dan mengganti nama menjadi "The Undertaker".

The Undertaker mengalami beberapa kali perubahan penampilan. Ini menjadi tuntutan perannya sebagai penghibur sejati. Beberapa perubahan penampilan dan gaya The Undertaker dimulai dari The Original Deadman Era (1994-1996), kemudian berubah menjadi Lord of Darkness (1996-1998), lalu Ministry of Darkness (1998-1999).

Perubahan besar terjadi ketika masuk era 2000-an. The Undertaker berubah wujud menjadi American Bad Ass (2000-2001). Ciri khasnya, ia keluar dari locker-room menuju ring dengan iringan musik hip-metal, yang saat itu memakai lagi "Rollin" yang dibawakan Limp Bizkits. Ciri khas lainnya adalah membawa motor Harley Davidson di ring.

Setelah American Bad Ass, muncul gimik lain yaitu Big Evil (2001-2003). Lalu yang terakhir yaitu Return of The Deadman (2004-2007). Meski ada perubahan di sisi penampilan, namun WWE merasa bahwa sosok mayat hidup memang cocok bagi The Undertaker.

Soal gelar juara, jangan ditanya lagi. The Undertaker pernah membawa hampir semua sabuk gelar di WWF hingga WWE. Bahkan ada yang beberapa kali ia menangkan. Seperti empat kali juara WWE, tiga kali juara kelas berat, dan 6 kali juara Tag Team.(*)


Foto: EssentialySports

Related Articles
Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi

Current Issues
'HomeCourt', Aplikasi Artificial Intelligence yang Bisa Pantau Skill Basketmu

Current Issues
Pertama Kalinya dalam Sejarah Earth Hour Diperingati Secara Online