Hobi

Bantu Lawan Pandemi, Viz Media Gratiskan Akses Manga Black Clover

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 27th 2020

Viz Media adalah perusahaan pemegang copyright dari sebagian besar konten manga dan anime yang beredar di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Itu artinya, capaian distribusi anime dan manga di kedua wilayah tersebut sangat bergantung terhadap kebijakan Viz Media. Tapi di masa pandemi, Viz Media punya peran lebih dalam membantu para penggemar anime dan manga di seluruh dunia.

Viz Media kini menggratiskan akses ke komik Shonen Jump yang sedang naik daun, Black Clover, khusus selama masa pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut diambil demi mendukung para pengikut setia anime dan komik yang didistribusikan Viz Media melewati masa-masa sulit mereka selama pandemi. Kebijakan tersebut digagas bersama dengan Shueisha untuk perpustakaan digital Shonen Jump dan Manga Plus.

Black Clover bukan satu-satunya manga yang akses membacanya digratiskan untuk sementara waktu. Manga populer lainnya seperti My Hero Academia, Haikyuu!! dan Blue Exorcist juga turut digratiskan.

Penggratisan tersebut berlaku hanya untuk beberapa chapter terbaru, yaitu chapter 200 hingga chapter 240. Kebijakan sementara tersebut akan berlangsung sejak 26 Juni hingga 3 Juli mendatang. Membaca manga Black Clover akan menjadi pelipur lara sejenak bagi penggemar anime-nya, mengingat anime Black Clover berhenti ditayangkan sementara karena proses produksinya sempat terhambat pandemi beberapa bulan belakangan.

Anime Black Clover baru akan tayang kembali, rencananya pada 7 Juli mendatang setelah hiatus karena status PSBB di Jepang. Episode paling akhir Black Clover yang pernah tayang menceritakan Asta dan karakter lainnya yang tengah melakukan latihan khusus di Heart Kingdom. (*) 

Related Articles
Hobi
Anime Black Clover Diisukan Akan Tayang Kembali Juli Mendatang

Hobi
Manga Kimetsu no Yaiba Tamat Pekan Depan? Bagaimana Nasib Tanjiro dan Habashira?

Interest
Rekomendasi 5 Anime yang Tayang Akhir Tahun