Lifestyle

Ternyata Kalian Cuma Butuh Memakai Sabun di Tiga Bagian Tubuh Ini Setiap Hari

Dwiwa

Posted on June 27th 2020

Berapa kali biasanya kalian mandi dalam sehari? Satu kali, dua kali, atau malah seminggu sekali? Sebagian besar dari kita pasti berpikir jika semakin sering mandi maka tubuh akan semakin bersih dari kuman-kuman jahat.

Namun ternyata nih, terlalu sering mandi justru nggak baik lhoh. Dilansir dari BESTLIFE, dokter Robynne Chutkan, pendiri Disgetive Center for Women di Chevy Chase Maryland mengatakan kepada Health, jikakalian terlalu sering menggosok tubuh dengan sabun, kalian berisiko menghancurkan bakteri baik yang berguna membantu mikrobiome untuk membedakan kuman baik dan kuman jahat.

Menurutnya, tubuh membutuhkan sejumlah bakteri tertentu dan ketika kalian membersihkannya dari klit dengan sabun, ini akan menurunkan imun terhadap virus tertentu, meningkatkan risiko sakit. “Kecuali kalian baru saja bermain lumpur, bagian yang harus kalian cuci dengan sabun setiap hari adalah ketiak dan pangkal paha. Sisanya cukup dibilas, bahkan setelah olahraga berkeringat,” ujarnya.

Sebuah penelitian pada 2018 yang dipublikasikan di Science Advance bahkan menemukan jika kulit yang memiliki strain bakteri tertentu memiliki risiko kanker kulit lebih rendah disbanding yang tidak memiliki.

Sementara itu, dokter Sandy Stotnicki, asisten professor dermatologi di University of Toronto mengatakan kepada The Atlantic bahwa menggosok tubuh mulai dari ujung rambut hingga kaki dengan sabun dan air  justru dapat menyebabkan masalah seperti eksim dan masalah kulit lain. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk fokus pada bagian tubuh tertentu saja seperti ketiak, pangkal paha, dan kaki.

Lalu mengapa ketiga bagian tubuh ini lebih disarankan untuk rajin dicuci dengan sabun? Hal ini dikarenakan ketiga bagian ini menjadi tempat yang cukup sensitif dan paling rentan terhadap hal-hal seperti pertumbuhan jamur dan rambut yang tumbuh ke dalam yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, bagian ini juga lebih rentan terhadap perkembangan bakteri jahat dan infeksi yang berpotensi berbahaya. (*)

Related Articles
Lifestyle
adidas Suntikkan Unsur Basket di Niteball

Lifestyle
Permukaan Benda-benda Ini Wajib Kalian Disinfeksi Secara Teratur

Lifestyle
Alami Anxiety Attack Saat Pandemi Covid-19? 4 Tips Ini Wajib Dicoba