Tech

Facebook Akan Memperingatkan Pengguna Jika Ingin Membagikan Berita Lama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 27th 2020

Facebook mengumumkan fitur terbaru yang memperingatkan pengguna ketika akan membagikan berita lama. Peringatan ini akan memberi keterangan, “Artikel ini sudah dipublikasikan lebih dari tiga bulan lalu”. Gunanya untuk memastikan apakah kita akan tetap membagikan atau membatalkan niat mengurungkan pilihan tersebut.

Tanggal penayangan sebuah berita atau artikel bisa berpengaruh pada keakuratan informasi yang disampaikan. Apalagi banyak berita yang menimbulkan kontroversi ternyata adalah berita lama yang dipublikasikan kembali.

Dengan peringatan ini, Facebook berharap masyarakat bisa berpikir dua kali sebelum membagikan sebuah berita, memastikan dulu apakah berita tersebut masih berkaitan dengan situasi sekarang atau tidak.

"Penyedia berita mengkhawatirkan berita-berita lama yang dibagikan kembali seakan menjadi berita yang baru-baru terjadi. Ini bisa menimbulkan kesalahpahaman tentang situasi terkini. Beberapa penyedia berita sudah mengambil langkah untuk melabeli artikel lama mereka agar tidak digunakan untuk menyesatkan,” kata John Hegeman, Wakil Presiden bagian feed and stories di Facebook.

Notifikasi berita lama ini telah bisa dimanfaatkan mulai hari ini. Facebook juga sedang melakukan percobaan untuk fitur notifikasi layar seperti menghighlight stories yang membahas Covid-19.

Notifikasi ini akan memberikan informasi tentang sumber konten tersebut dan mengarahkan pengguna untuk mengunjungi pusat informasi Covid-19 milik Facebook. Hal ini bertujuan agar berita yang belum terjamin kebenarannya bisa berkurang dan masyarakat tidak mudah termakan hoax.(*)

Related Articles
Tech
Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker

Tech
Keren! Facebook Bangun Jaringan Kabel Internet Bawah Laut 37 Ribu KM di Afrika

Tech
Facebook Kini Muncul dengan Tampilan Baru untuk Versi Desktop