Tech

Sering Lihat Konten Lama Diunggah Ulang di FB? Fitur Baru Ini Akan Mencegahnya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on June 26th 2020

 

Jika Twitter adalah media sosial yang paling cepat meng-update sebuah tren baru, maka Facebook adalah media sosial yang penyebaran kontennya paling "awet". Tidak jarang, beberapa pengguna Facebook masih membagikan artikel-artikel atau pranala berita yang sebenarnya booming beberapa tahun lalu.

Bisa jadi karena konten tersebut tergolong masih relatable dengan kondisi sekarang, atau karena pengguna Facebook tersebut tidak aware dengan tanggal rilis konten tersebut. 

Untuk menghindari daur ulang konten yang tidak diinginkan, Facebook kini memperkenalkan fitur notifikasi baru yang memperingatkan pengguna sebelum membagikan kembali sebuah unggahan. Yang bakal kena semprit adalah konten yang sudah berusia lebih dari 90 hari.

Notifikasi tersebut akan menawarkan dua pilihan : urung membagikan, atau tetap membagikan meskipun konten tersebut sudah tidak "segar" lagi.

Facebook sadar bahwa usia konten yang ada di platform mereka kerap menjadi penyubur bagi penyebaran berita hoax dan misinformasi. Sebagian hoax yang menyebar di Facebook umumnya adalah barang lama yang digoreng kembali. Ini lantas dibagikan lagi oleh pengguna-pengguna Facebook baru yang belum mengetahui hoax tersebut.

Facebook juga mengakui bahwa sebagian situs berita turut mempermasalahkan perputaran konten-konten lama yang mereka unggah di Facebook, sehingga banyak orang yang menganggap bahwa konten tersebut adalah breaking news.

"Selama beberapa bulan belakangan, riset internal kami menemukan bahwa penanggan artikel merupakan salah satu konteks terpenting yang menentukan seseorang akan membaca berita tersebut, sebelum akhirnya mempercayainya dan membagikannya," ujar John Hegeman, wakil presiden Facebook di bidang Feeds and Stories via situs resmi perusahaannya.

Selain Facebook, inovasi pada fitur notifikasi ini sebelumnya sempat diadopsi juga Instagram. Mereka menampilkan notifikasi pop-up untuk mencegah penggunanya dari membagikan komentar yang ofensif dan mengganggu melalui mekanisme yang sama.

Dalam waktu dekat, Facebook juga berencana akan mengeksplorasi fitur-fitur notifikasi serupa dalam usaha menekan penyebaran misinformasi, terutama yang berkaitan dengan Covid-19. (*)

Related Articles
Tech
Facebook Kini Muncul dengan Tampilan Baru untuk Versi Desktop

Tech
Ujicoba Fitur Baru, Instagram Tampilkan Semua Story pada Satu Layar

Tech
Facebook Akan Sertakan Sumber Orisinal pada Artikel yang Dibagikan di Berandanya